Lisha dan Garis Matanya

Pagi Itu aku bertemu dengan seorang anak, sebut saja Lisha. Usianya sekitar 5 tahun. Ia seperti anak kebanyakan, lucu, ceriwis dan menggemaskan. Setiap bertemu selalu mengucapkan salam, dan mencium tanganku, sembari bercerita mengenai kegiatan yang telah dilakukannya kemarin.

Namun, hari itu ada yang istimewa dari penampilannya. Si mungil bermata bak mutiara hitam itu memakai sifat (sejenis eye liner) di matanya. Dengan terheran-heran aku bertanya kepadanya, “Lisha, kok matamu ada item-itemnya? memang kamu pake apa sayang?”

Dengan lantang dan sedikit bangga ia berkata, “Aku pake sifat dong, bagus kan?”

“Kenapa kamu pake sifat sayang? kamu kan masih kecil”, tanyaku kembali.

“Biar kaya mama dong, kalo pake sifat kan bisa jadi cantik”, jawabnya lagi.

Aku hanya mengangguk dan bertanya lagi,”Oh,,, Biar cantik kaya mama. Trus siapa yang makein?”

“Mama aku. Aku juga sering dipakein lipstik sama bedak sama mama”, celotehnya lagi.

Tak lama kemudian, sang mama pun lewat dengan full make up sembari menyapa aku, dan berkata, “Saya titip Lisha dulu yah, mau ke pasar sebentar”

“Iya, bu”, jawabku

Aku hanya bisa berguman, oh pantas anaknya suka dandan lha wong mamanya juga suka dandan padahal beliau hanya akan pergi ke pasar. Namun yang menjadi permasalahan bukan karena mamanya berdandan, tetapi karena anaknya pun di dandani juga meskipun usianya masih amat kecil. Menurut hematku, alangkah baik apabila anak sekecil itu tidak diperkenalkan dengan alat-alat kosmetik terlebih dahulu. Karena alat-alat kosmetik mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi kulit anak. Seharusnya orang tua mengetahui hal tersebut dan tidak mempergunakan kosmetik kepada anak, kecuali bila diperlukan.

Yah, manusia hanya bisa berpendapat, tapi buruk menurut saya belum buruk dimata orang lain… Smoga tulisan ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua, khususnya pada orang tua yang mempunyai anak di usia emas yakni 0-7 tahun.

Leave a Reply

