Garut : Swizz Van Java

Mendengar nama Garut pasti sudah tidak asing lagi kan ?, salah satu kabupaten di Jawa Barat yang belakangan ini sudah banyak masuk di televisi nasional karena berita-beritanya yang heboh.😀. Tapi masih ada hal lain yang lebih menarik dari kota intan ini yang harus diketahui dan dijajaki, yaitu tempat wisata tentunya. Banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota Garut, baik wisata alam atau hiburan keluarganya. Dan yang sudah sangat terkenal adalah Tempat Wisata Garut Kampung Sampireun.

Oke, inilah 23 Tempat Wisata di Garut yang patut dicoba. dimulai dari sebelah utara kota Garut sampai selatan.

1. Curug Cimandi Racun

Tempat Wisata di Garut Curug Cimandi Racun

Curug atau Air terjun Cimandi Racun ini berada di desa Cangkuang kecamatan Leles kabupaten Garut. Pemandangan alam yang disuguhkan dari curug ini tidak kalah dari air terjun lainnya, meskipun kawasan wisata curug cimandi racun ini belum terkelola dengan baik, dikarenakan berada didaerah tanah adat.

2. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang merupakan satu-satunya Candi Hindu di tatar sunda, candi ini berlokasi sama dengan Curug Cimandi Racun, yaitu di kecamatan leles, Garut. Lebih tepatnya candi ini berada dikampung pulo, dan bersebelahan dengan makam kuno pemuka agama islam dikampung pulo ini, yaitu Embah Dalem Arief Muhammad. Ukuran dari Candi Cangkuang ini tidak terlalu besar seperti candi-candi lainnya, tetapi tetap menarik untuk dikunjungi.

Dilingkungan Candi Cangkuang ini juga ada tempat lain yang tidak kalah menarik, yaitu Situ Cangkuang dan Komplek Rumah Adat Kampung Pulo.

Situ Cangkuang

Kampung Pulo

3. Situ Bagendit

Masih membahas tempat wisata didaerah selatan Garut, berikutnya adalah Situ Bagendit yang konon ceritanya terbentuk dari sumur yang meluap akibat pemiliknya pelit. Tempat wisata yang satu ini berada di desa Bagendit kecamatan Banyuresmi Garut. Di Situ ini kita bisa melihat pemandangan, mengelilingi situ dengan perahu atau rakit dan sebagainnya. Tapi, sekedar informasi saja, jika berkunjung ke Situ Bagendit disarankan pada musim hujan, soalnya jika musim kemarau terkadang situ nya menjadi kering. 😀

4. Talaga Bodas

Sedikit bergeser agak ke timur Garut, ada tempat wisata Talaga Bodas. Talaga Bodas berada di kecamatan Wanaraja Garut, tempat ini merupakan kawah dengan air berwarna putih tentunya dengan bau khas belerangnya. Lokasi wisata di talaga bodas ini lumayan nyaman dan bersih. Ditempat ini kita bisa hiking, tracking, foto selfie, photography atau yang lainnya.

5. Makam Keramat Godog

Makam Keramat Godog merupakan objek wisata religi dan budaya peninggalan sejarah yang terletak di desa Lebak Agung kecamatan Karangpawitan, Garut. Dikomplek pemakaman ini terdapat 7 makam, diantaranya Prabu Kian Santang diruang utama makam, dan 6 lainnya diruangan terpisah. Untuk yang suka berwisata religi dan sejarah mungkin tempat ini bisa dijadikan tujuan selanjutnya.

6. Curug Citiis

Curug Citiis berada di desa Pesawahan Kecamatan Tarogong Garut. Curug ini memiliki tiga titik air terjun, dan untuk mencapai titik tertinggi harus melakukan pendakian ke gunung Guntur terlebih dahulu. Kegiatan yang bisa dilakukan dilokasi ini mungkin bisa mandi, melihat pemandangan dan foto-foto, atau yang lainnya.

7. Cipanas Garut

Kalau mendengar garut, pasti ingat dengan Cipanasnnya. Lokasi wisata ini merupakan objek wisata buatan. Ditempat ini banyak hal yang bisa dilakukan pengunjung, karena fasilitasnya sudah lumayan banyak. Ada kolam renang, ada kolam pemandian air panas ada penginapannya juga.

8. Kawah Darajat

Satu lagi yang terkenal di Garut adalah Kawah Darajat, lokasi yang setiap hari libur panjang suka tiba-tiba menjadi padat dan macet. Kawah Darajat ini berlokasi di Desa Padaawas kecamatan Pasirwangi Garut. Selain wisata kawahnya, ada juga taman rekreasi seperti waterboom, kolam renang air panas, dll.

9. Lapangan Golf Ngamplang

Bagi yang suka olahraga khususnya golf, tentunya tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi. Lapangan peninggalan kolonial belanda ini sangat bagus dan terawat.

10. Curug Cihanyawar

Masih di Cilawu Garut, ada objek wisata alam berupa air terjun, yang berlokasi di desa sukamumi kecamatan Cilawu Garut. Curug ini berada pada ketinggian 1.000 m dari permukaan laut (dpl). Yang menjadi daya tarik utamanya adalah air terjun dengan ketinggian 16 m. Sumber air Curug Cihanyawar berasal dan aliran air Gunung Cipadaruun yang berasal dari mata air Cikuray.

11. Gunung Papandayan

Siapa yang tidak mengenal gunung berapi yang satu ini, gunung ini merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia. Disini kita bisa camping, hiking dan kegiatan lainnya. Tempat wisata ini berada di dua desa yaitu desa Sirna Jaya dan Keramat wangi, kecamatan Cisurupan Garut. Gunung ini memiliki kawah yang masih aktif sampai sekarang.

12. Curug Orok

Curug ini memiliki ketinggian 45 meter. Asal mula Air terjun ini dinamakan Curug Orok karena tahun 1968 ada seorang ibu muda yang membuang bayi dicurug ini. Curug ini memiilki 2 air terjun, yang besar melambangkan keberadaan ibu sibayi dan yang kecil melambangkan bayinya. Tempat wisata ini berada di desa Cikandang kecamatan Cikajang Garut. Jarak yang bisa ditempuh dari ibu kota kecamatan cikajang adalah 5 km, sedangkan dari ibu kota Garut sejauh 31 km. Jika ingin melihat keindahan Curug orok ini, datanglah ke desa Cikandang kecamatan Cikajang Garut.

13. Curug Sanghiyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje Garut

Masih tempat wisata air terjun, tempat ini berada di desa Pakenjeng kecamatan Pamulihan Garut. Terdapat cerita menarik dari nama air terjun ini. Dalam bahasa indonesia Taraje adalah Tangga, konon katanya dahulu kala atas permintaan Dayang Sumbi, Sangkuriang menggunakan air terjun ini untuk naik ke langit mengambil bintang, dan lagi didekat air terjun katanya terdapat batu berbentuk tapak raksasa yang disebut tapak Sangkuriang, tetapi jarang sekali yang bisa melihatnya. Menarik bukan ? silahkan berkunjung ke Curuk Sanghiyang Taraje ini, barangkali bisa beruntung melihat batu tapak Sangkuriang😀.

14. Curug Neglasari

Meskipun sama wisata air terjun, tapi Curug Neglasari sedikit berbeda dari yang lainnya. Untuk menuju air terjun ini harus menempuh perjalanan 1 km dari jalan utama dengan berjalan kaki. Tapi tidak perlu khawatir dengan jaraknya, karena di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini akan disuguhkan pemandangan hijaunya perkebunan teh dan sejuknya udara sekitar, emm sudah terbayang bagaimana keindahannya bukan ? 😀
Jika ingin mengunjungi Curug Neglasari ini, silahkan datang ke Kecamatan Cisompet Garut, lokasi tempat wisata ini berjarak 59 km dari pusat kota garut, dapat ditempuh dalam waktu perkiraan 2,5 jam baik dengan kendaraan pribadi maupun umum.

15. Kampung Dukuh

Nah, jika ingin mengunjungi wisata sejarah dan budaya, kampung adat ini tempat yang cocok. Dikampung Dukuh ini semuanya serba tradisional, tidak ada listrik apalagi alat-alat elektronik, rumah penduduknya pun tidak ada yang terbuat dari tembok. Adat istiadat dikampung ini masih sangat kental dan sangat dijunjung tinggi oleh masyarakatnya. Kampung dukuh ini berada di Pameungpeuk Kecamatan Cikelet Garut.

16. Pantai Rancabuaya

Pantai Raneabuaya yang terletak di desa Purbayani Kecamatan Caringin Garut ini memiliki luas 10 ha dengan luas kawasan keseluruhan sebesar 1.524 ha. Dari seluruh area tersebut yang telah dimanfaatkan untuk pembangunan fasilitas wisata seluas 2 ha. Dipantai ini tentunya kita bisa melihat sunset yang indah, tapi tidak hanya itu tentunya.

17. Pantai Cijayana

Pantai ini tidak kalah kerennya dengan pantai Rancabuaya. Pantai Cijayana merupakan salah satu pantai di daerah Pameungpeuk-Garut yang berpotensi untuk dijadikan objek wisata pantai. Pantai yang tepatnya berada di Desa Cijayana Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut ini memiliki luas kawasan kurang lebih 9 ha dengan konfigurasi umum lahan datar serta kemiringan lahan landai dengan stabilitas tanah sedang dan daya serap tanah yang baik. Pantai ini mempunyai jenis material tanah berupa pasir halus dengan warna alami putih kecoklatan. Pantai Cijayana merupakan pantai yang memiliki tepi pantai yang luas dengan lebar > 200 m dan panjang > 2000 m, serta pandan bidur sebagai flora dominan di tepi pantainya.

18. Pantai Manalusu

Sebuah tempat yang sunyi jauh dari hiruk pikuk kota dengan suasana alam yang indah , hamparan pasir laut, gugusan karang yang terjal di sepanjang pantai adalah daya tarik yang ditawarkan oleh obyek wisata Taman Manalusu.

Obyek wisata ini terletak di sebelah selatan Kota Garut dengan jarak kurang lebih 96 km atau dapat ditempuh dengan waktu 4 jam perjalanan. Kegiatan yang bisa di lakukan oleh wisatawan diantaranya menikmati biota laut, berkemah dan menikmati hidangan makanan laut (Sea Food)

19. Pantai Santolo

Salah satu pantai yang populer terdapat di Kab. Garut adalah Pantai Santolo. Terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km. Tempat wisata ini sudah banyak dikunjungi apalagi pada hari-hari perayaan seperti tahun baru.

20. Pantai Sayang Heulang

Letak pantai ini tidak jauh dari pantai santolo, tepatnya berada sebelah timur pantai santolo. Pantai Sayang Heulang adalah objek wisata alam yang terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, dengan temperatur antara 17 ?C – 28 ?C, penyinaran matahari di sekitar pantai terik, dan kekuatan tiupan angin cukup besar. Konfigurasi umum lahan berupa dataran dengan kemiringan curam pada daerah sekitar pantai dan stabilitas tanah yang baik. Kondisi perairan berwarna berwarna hijau kebiru-biruan dengan bau normal, temperatur normal, rata-rata tinggi gelombang 2 – 3 meter.

21. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje adalah salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Garut yang belum dikembangkan menjadi objek wisata , dan memiliki temperatur antara 17-27 derajat celcius. Sinar matahari di pantai ini rata-rata terik dan mempunyai tiupan angin yang besar. Pantai ini mempunyai potensi wisata berupa keindahan alam pantai dengan terdapatnya gugusan karang di tepi pantai, sehingga pantai ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Di pantai ini juga dapat dinikmati suasana sore yang eksotis dari matahari terbenam (sunset) secara jelas.

22. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah merupakan objek dan daya tarik wisata pantai di Kabupaten Garut yang terletak di Desa Sagara dan di Kecamatan Pameungpeuk serta di Propinsi Jawa Barat. Tempat wisata ini dikelola oleh Kompepar Yayasan Cijeruk Indah, dengan status kepemilikan oleh BKSDA dan Perkebunan. Pantai Cijeruk Indah memiliki kondisi lingkungan Objek Daya Tarik Wisata cukup tapi tingkat kebersihan/sanitasi yang kurang. Pencemaran udara, bau dan air tidak ada. Pencemaran sampah ada, berupa sampah pengunjung dan sampah dari penduduk serta vandalisme juga ada.

23. Pantai Leuweung Sancang

Hutan Sancang merupakan hutan alami, dan terletak di bagian selatan Kabupaten Garut (berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya), tepatnya di Desa Sancang Kecamatan Cibalong dan memiliki luas 2.157 ha. Hutan Sancang yang merupakan salah satu cagar alam di Indonesia yang bertaraf Internasional ini belum tersentuh oleh fasilitas pariwisata secara khusus. Untuk fasilitas penunjang di Hutan Sancang hanya terdapat 1 pos jagawana serta petugas yang beljumlah 180 orang.
Untuk aktivitis yang dapat dikembangkan di Hutan ini adalah: tracking, fotografi, menelusuri hutan, penelitian ekosistem alam, memancing, berkemah, dan aktivitas-aktivitas yang tidak merusak dan mengganggu ekosistem hutan. Adapun mayoritas pengunjung yang datang ke Hutan Sancang ini berasal dari Garut, Bandung dan Jakarta.

Itulah tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi dikabupaten Garut, Jawa Barat. Selain di Garut, masih banyak tempat-tempat indah lain dibelahan bumi Indonesia. Jadilah masyarakat yang mencintai daerah dan negeri sendiri 😀 dan kunjungi objek-objek wisata lokal yang tidak kalah keren dan indah dari tempat diluar negeri. Selamat berpetualang

Sumber : Dari berbagai Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s