10 Wisata Pantai, Pulau dan Danau Menakjubkan Kurang Terjamah di Indonesia

1. Pulau Siladen

Siladen adalah salah satu pulau yang membentuk Taman Nasional BunakenManado, di Provinsi Sulawesi Utara. Pulau yang luasnya hanya sekitar 31,25 ha ini begitu indah dikelilingi pantai berpasir putih, ditumbuhi pepohonan palem, sagu, woka, silar, dan kelapa. Pulau Siladen berada di sebelah timur Pulau Bunaken atau berjarak 3 km dan 8 mil dari pusat kota Manado dan dapat ditempuh dengan kapal motor.

2. Pulau Mantehage

Pulau Mantehage yang didominasi hutan bakau merupakan salah satu deretan pulau cantik yang membentuk Taman Laut Nasional Bunaken-Manado. Pulau Mantehage secara administratif masuk wilayah Kecamatan Wori, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Di pulau ini hanya terdapat empat desa yaitu Desa Tangkasi, Desa Buhias, Desa Tinongko, dan Desa Bongo. Balai Pengelola Taman laut Nasional BunakenManado menetapkan Pulau Mantehage sebagai salah satu tujuan wisata bahari.

3. Pulau Dewaran

Derawan adalah surga tropis yang sempurna. Sinar Matahari yang hangat berpadu dengan pemandangan pantai pasir putih nan halus, pohon kelapa yang melambai, serta laut jernih yang berubah warna dari hijau ke biru kobal. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, Anda akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini mer

4. Pulau Togean

Kepulauan Togean, sebuah taman nasional dengan 2 area ekosistem berupa lautan seluas 292.000  hektar dan datarannya 70.000  hektar.  Lokasinya yang terpencil dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan justru menjadi daya tarik yang memikat penikmat keindahan lanskap alam dan keragaman biota lautnya.

Kepulauan ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang melintang di tengah Teluk Tomini. Ada sekira 60-an pulau di sini, beberapa yang tersohor adalah Pulau Malenge, Pulau Una Una, Batudaka, Talatakoh, Waleakodi, dan Pulau Waleabahi adalah pulau-pulau besarnya.

5. Tanjung Bira

Sulawesi Selatan adalah salah satu propinsi paling sibuk di Indonesia. Wilayahnya membentang luas dan potensi ekonominya terus menerus menonjol dan memberikan warna untuk Indonesia. Ia adalah gerbang Indonesia Timur.

Pantai Bira adalah surga tersembunyi yang terletak di ujung bawah Pulau Sulawesi sekaligus menjadi benteng utama Sulawesi Selatan dari lautan lepas.

Dari Makassar, ada beberapa cara untuk mencapai Pantai Bira. Bisa menggunakan kendaraan umum, tapi cara yang paling direkomendasikan adalah menggunakan kendaraan sewaan. Seringkali, penyedia jasa penginapan di Pantai Bira juga punya layanan penjemputan.

6. Pantai Samalona

Salah satu pulau terindah yang dimiliki Indonesia adalah Pulau Samalona. Pulau tersebut berada dalam wilayah Indonesia timur, tepatnya di kawasan administrasi pemerintahan Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Untuk menuju Pulau Samalona, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 2 km dengan menggunakan perahu motor. Jasa sewa perahu motor bisa ditemukan di dermaga Kota Makassar yang letaknya tidak jauh dari Pantai Losari. Lalu lintas di dermaga tersebut selalu sibuk. Pasalnya, dermaga ini tidak hanya melayani wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau, tapi juga melayani lalu-lintas warga dan para pedagang.

7. Taman Nasional Taka Bonarate

Taman Nasional Taka Bonerate adalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia[2][3] setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luas total dari atol ini 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km². Kawasan ini terletak di KecamatanTakabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sejak Tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate telah di calonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia. Dalam rangkaian Hari jadi Kepulauan Selayar di lokasi ini setiap tahunnya diadakan festival yang bertajuk Sail Taka Bonerate atau sebelumnya disebut Takabonerate Island Expedition (TIE).

Taman Nasional Takabonerate.jpg

8. Danau Linow

Kota Tomohon di Sulawesi Utara selama ini dikenal sebagai ”Kota Seribu Bunga”. Hawanya yang sejuk dan tanahnya yang subur membuat hampir segala jenis bunga dapat tumbuh dan berkembang di kota kecil tersebut. Tidak hanya itu, Tomohon juga menyimpan pesona lain yang tidak kalah indah, yaitu Danau Linow yang airnya bisa berubah-ubah warna menjadi tiga warna.

9. Pulau Ligaha

Sulawesi Utara memang dikenal dengan surga wisata bahari dan Pulau Lihaga merupakan salah satu tempat wisata di Minahasa Utara yang sayang untuk tidak dikunjungi apabila anda sedang berada di Sulawesi Utara. Secara administrasi pulau seluas kurang lebih 8 hektar berada di Kecamatan Likupang Kabupaten Minahasa Utara.

10. Taman Laut Tumbak

Wisata Tumbak adalah salah satu potensi wisata paling mengagumkan di tanah Sulawesi Utara setelah Bunaken. Saat ini, publikasi dan informasi tentang wisata Tumbak di Minahasa Tenggara ini masih belum banyak. Tetapi, tahukah Anda bahwa wisata Tumbak memiliki keindahan taman laut yang sungguh mempesona? Keindahannya sejajar dengan apa yang mungkin telah Anda rasakan di Taman Laut Bunaken yang terkenal itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s