10 Danau Kawah Paling Indah di Dunia

Danau Kawah Paling Indah di Dunia ~ Sebuah Danau Kawah adalah sebuah danau yang terbentuk di kawah gunung atau bisa disebut juga kaldera (fitur vulkanik). Kawah dari danau yang indah berikut ini umumnya terbentuk akibat dari letusan gunung berapi, tetapi kawah danau bisa juga terbentuk akibat dari meteorit yang menghantam.

Sedangkan Danau kawah dari gunung berapi yang masih aktif kadang-kadang dikenal sebagai Danau Vulkanik, dan air di dalamnya umumnya asam, bercampur dengan gas vulkanik, dan berawan dengan warnanya tersendiri.

Danau Kawah di gunung berapi yang sudah lama tidak aktif umumnya cenderung memiliki air tawar, dan kejernihan air di danau tersebut dapat menjadi luar biasa. Berikut ini adalah Danau Kawah yang paling indah dan menakjubkan di dunia.

Danau Kawah Quilotoa – Ecuador

Danau Kawah Paling Indah

Photo Danau Quilotoa by Annom, Public / Wikimedia

Quilotoa adalah kawah yang berisi air dari gunung berapi terletak di sebelah Barat Ekuador Pegunungan Andes. Kaldera dengan lebar sekitar 3 kilometer dibentuk oleh letusan gunung berapi dengan skala VEI-6 sekitar 800 tahun yang lalu.

Kawah Gunung ini telah membentuk kedalaman sekitar 250 meter, memiliki warna indah sebagai akibat dari mineral terlarut. Fumarol ditemukan di permukaan danau dan mata air panas terbentuk di sisi timur gunung berapi.

Danau Kawah Kelimutu – Pulau Flores, Indonesia

Danau Kawah Paling Indah

Photo Danau Quilotoa by Neil, CC BY / Wikimedia

Gunung berapi Kelimutu terletak di pusat Flores, Indonesia, berisi tiga danau kawah dari berbagai warna yang sangat mencolok. Ini adalah Danau Berwarna Paling Mengherankan sekaligus Menakjubkan karena bisa berubah-ubah warnanya, bervariasi mulai dari hijau, biru dan gelap menjadi merah intens.Ketiga danau dengan warna yang berbeda namun berada di puncak gunung berapi yang sama.

Danau Kawah Gunung Pinatubo – Luzon, Philippines

Danau Kawah Paling Indah

Photo Danau Pinatubo by ChrisTomnong, CC BY-SA / Wikimedia

Danau Pinatubo adalah danau kawah di puncak Gunung Pinatubo terbentuk setelah letusan klimaks pada 15 Juni 1991. Danau ini terletak di sekitar perbatasan Pampanga, Tarlac dan Zambales di Filipina. Danau ini merupakan danau terdalam di negara ini dengan kedalaman sekitar 800 meter. Terletak sekitar 90 km barat laut dari ibukota Manila.

Danau Kawah Gunung Katmai – Alaska, Amerika

Danau Kawah Paling Indah

Photo Danau Katmai by Captain Budd Christman, NOAA Corps, Public / Wikimedia

Gunung Katmai adalah sebuah stratovolcano besar (gunung berapi komposit) terletak di Semenanjung Alaska di Alaska selatan. Danau ini termasuk dalam Taman Nasional Katmai. Diameter danau sekitar 3 km, terbentuk selama letusan Novarupta dari tahun 1912. Ketinggian dari lantai kaldera diperkirakan sekitar 1.040 m.

Danau Kawah Deriba, Jebel Marra – Darfur, Sudan

Danau Deriba

Photo Danau Deriba – J Williams, CC BY-SA / Wikimedia

Danau Kawah Deriba adalah terdapat pada titik tertinggi dari Jebel Marra di ketinggian 3.042 meter, terletak di Darfur di bagian barat Sudan. Kawah dalam dipenuhi oleh sebuah danau, dengan lebar sekitar 5 kilometer terbentuk oleh letusan dari Jebel Marra sekitar 3500 tahun yang lalu. Gunung berapi ini menjadi sumber air panas dan fumarol (gas dan uap ventilasi) yang masih ada.

Danau Kawah Gunung Ruapehu – New Zealand

Danau Ruapehu

Photo Danau Ruapehu – Jshook, CC BY / Wikimedia

Danau Ruapehu

Photo Danau Gunung Ruapehu by blackdiamondimages / Panoramio

Gunung Ruapehu adalah sebuah stratovolcano aktif di ujung selatan dari zona vulkanik Taupo di Selandia Baru. Terletak sekitar 23 kilometer timur laut dari Ohakune dan 40 kilometer barat daya pantai selatan Danau Taupo, termasuk dalam Taman Nasional Tongariro.

Ruapehu adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dan gunung berapi aktif terbesar di Selandia Baru. Ini adalah titik tertinggi di Utara dan termasuk tiga puncak utama: Tahurangi (2797 m), Te Heuheu (2755 m) dan Paretetaitonga (2751 m).

Danau Heaven, Gunung Baekdu – China / North Korea

Danau Heaven

Photo Danau Heaven by Bdpmax, CC BY-SA / Wikimedia

Danau Heaven
Danau Heaven adalah danau kawah di perbatasan antara China dan Korea Utara. Danau terletak dalam kaldera di atas gunung berapi Baekdu, bagian dari pegunungan Baekdudaegan dan pegunungan Changbai.

Kaldera yang berisi danau terbentuk oleh letusan besar. Danau ini memiliki elevasi di ketinggian 2,189 meter, mencakup area seluas 9,82 km persegi dengan panjang selatan-utara sekitar 4,85 km dan timur-barat 3,35 kilometer. Kedalaman rata-rata danau adalah 213 m dan kedalaman maksimum 384 m. Dari pertengahan Oktober sampai pertengahan Juni, danau biasanya ditutupi dengan es.

Danau Kawah Okama, Gunung Zao – Honshu, Japan

Danau Okama

Photo Okama CC BY / Wikimedia

Gunung Zao adalah zona gunung berapi di perbatasan antara Yamagata dan Miyagi di Jepang. Terdiri dari sekelompok stratovolcanoe dan merupakan gunung berapi paling aktif di Honshu utara. Gunung berapi pusat meliputi beberapa kubah lava dan kerucut.

Goshiki-dake berisi sebuah danau kawah yang bernama okama. Juga dikenal dengan sebutan Pond Lima Warna karena berubah warna tergantung pada cuaca, terletak di kawah yang terbentuk oleh letusan gunung berapi sekitar 1720-an. Diameter  Danau ini sekitar 360 meter dan kedalaman sekitar 60 m, dan merupakan salah satu atraksi wisata utama di daerah ini.

Crater Lake – Oregon, Amerika Serikat

Nama Danau Indah Menakjubkan ini adalah Crater Lake Terletak di wilayah Oregon, Amerika Serikat. Danau ini merupakan fitur utama dari Taman Nasional dan terkenal dengan warna biru dan kejernihan airnya. Danau ini terisi air secara berangsur-angsur dan berubah hingga kedalaman sekitar 655 meter. Kawah danau ini terbentuk sekitar 7.700 tahun yang lalu (± 150 tahun), oleh letusan Gunung Berapi Mazama.

Crater Lake

Photo Crater Lake – Oregon by Zainubrazvi, CC BY-SA / Wikimedia

Crater Lake terisi oleh air hujan dan salju yang mencair, yang jatuh dalam cekungan kawah. Tidak ada sungai yang mengalir ke dalam maupun keluar dari danau, oleh karena itu Volume air danau berubah yang dikompensasikan oleh hujan dan salju sehingga jumlah total air berganti seiring tahun. Namun ini merupakan Danau Terdalam di wilayah Amerika Serikat.

Kaldera dari danau ini memiliki diameter sekitar 8 – 9,7 km hingga bagian tepinya, berada di ketinggian sekitar 2.100 – 2.400 meter diatas permukaan laut dan kedalaman danau rata-rata 350 m. Kedalaman maksimum danau berfluktuasi sesuai dengan perubahan cuaca.

Crater Lake

Photo Crater Lake – Oregon – Dagmara Mach, CC BY-SA / Wikimedia

Crater Lake

Photo Crater Lake – Oregon – semionk, CC BY-SA / Wikimedia

Danau Toba, Danau Kawah Terbesar di Dunia ~ Indonesia

Danau Toba adalah sebuah danau kawah membentang dengan ukuran panjang sekitar 100 kilometer, lebar 30 kilometer dan kedalaman sampai 505 meter yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia, Asia Tenggara, dan merupakan Danau Kawah Vulkanik Terbesar di Dunia.

Kawah dari danau ini terbentuk dari Letusan Gunung Berapi yang sangat dahsyat. Sedangkan Danau yang tercipta menurut Legenda adalah dari Banjir besar disertai hujan yang sangat lebat. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir yang merupakan kesatuan dari Legenda tersebut.

Danau Toba

Photo Danau Toba by Kenrick, CC BY-SA / Wikimedia

Danau Toba

Photo Danau Toba by Wagino, CC BY-SA / Wikimedia
Sumber: http://www.aura-ilmu.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s