11 Agustus 1934: Penjara Alcatraz Dibuka

ALCATRAZ pertama-tama dibangun sebagai instalasi militer pada 1850, kemudian diubah dan dibangun menjadi penjara militer hingga 1933. Barak Hukuman Amerika Serikat di Alcatraz diambil alih Departemen Kehakiman Amerika Serikat pada 12 Oktober 1933. Pulau itu menjadi penjara federal pada 11 Agustus 1934. Di penjara tersebut pernah mendekam penjahat-penjahat terkenal seperti Al Capone, Robert Franklin Stroud (manusia burung dari Alcatraz), dan Alvin Karpis, yang ditahan di Alcatraz jauh lebih lama daripada tahanan mana pun.
Dengan keputusan Jaksa Agung AS Robert F Kennedy, tempat tahanan itu ditutup untuk selama-lamanya pada 21 Maret 1963. Penjara tersebut ditutup karena biaya operasinya jauh lebih mahal daripada penjara-penjara yang lain. Apalagi banyak polusi berasal dari sampah yang dibuang sekitar 250 tahanan dan 60 keluarga biro penjara di pulau itu. Penjara AS, sebuah penjara tradisional yang didirikan di darat, dibuka pada tahun yang sama untuk menggantikan Alcatraz.
Kini, bekas penjara Alcatraz menjadi situs sejarah yang dikelola Dinas Pertamanan Nasional AS sebagai tempat rekreasi Nasional Golden Gate dan yang dibuka untuk wisatawan. Di tempat itu terdapat mercu suar tertua yang masih beroperasi di Pantai Barat Amerika Serikat. Tempat tersebut juga menjadi habitat bagi burung-burung laut, umumnya burung camar barat, cormorant, gannet dan egret. Dari pulau itu, orang dapat melihat pemandangan yang indah di sepanjang pantai San Francisco.

One Comment Add yours

  1. Scanner LJK says:

    terimakasih infonya, sangat menarik!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s