Orang Utara Miliki Mata Lebih Besar

on

TAHUKAH Anda, ternyata orang yang tinggal di daerah utara bumi memiliki mata dan otak yang lebih besar. Menurut penelitian, orang-orang yang hidup di daerah utara telah berevolusi lebih maju dalam hal pemrosesan visual untuk membantu mereka mengatasi musim dingin yang panjang dan langit yang gelap.

Para ilmuwan menyimpulkannya setelah mengukur soket mata dan kapasitas otak dari 55 tengkorak manusia yang mewakili 12 populasi yang berbeda dari seluruh dunia. Mereka menemukan bahwa manusia yang hidup di daerah utara khatulistiwa memiliki otak lebih besar dan kemampuan visual lebih baik. Kedua hal itu merupakan hasil adaptasi terhadap cahaya rendah yang muncul sejak manusia pindah ke Eropa Utara dan Asia. Peneliti Eiluned Pearce dari Oxford University mengatakan, “Ketika Anda menjauhi ekuator, cahaya pun akan berkurang sehingga manusia harus berevolusi dengan mata lebih besar.

“Mereka juga memerlukan otak yang lebih besar untuk mengatasi input visual tambahan. Memiliki otak yang lebih besar tidak berarti manusia akan lebih pintar, itu hanya berarti mereka perlu otak yang lebih besar untuk dapat melihat dengan baik pada lingkungan di mana mereka tinggal,” katanya seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (27/7).

Asisten peneliti Profesor Robin Dunbar, Direktur Institute of Cognitive and Evolutionary Anthropology di Oxford University, mengatakan, “Manusia hanya tinggal di utara Eropa dan Asia untuk beberapa puluh ribu tahun. Namun mereka tampaknya telah beradaptasi dengan langit mendung dan cuaca musim dingin yang panjang.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s