Embun Upas Hancurkan Tanaman Kentang di Dieng

on

BANJARNEGARA–MICOM: Belasan hektare (ha) lahan kentang di wilayah Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terkena embun upas atau frost. Akibatnya, enam ha di antaranya puso.

Pada Juni lalu, embun upas juga menghancurkan tanaman kentang seluas 12 ha, dan lima ha di antarany puso.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (Disperkannak) Banjarnegara Dwi Atmadji mengatakan, lahan kentang yang terkena embun upas di antaranya di Desa Dieng Kulon seluas tujuh ha dan Desa Karangtengah enam ha. Kedua desa berada di wilayah Kecamatan Batur.

“Embun upas terjadi karena suhu di kawasan Dieng di bawah 0 derajat Celcius. Akibatnya embun menjadi beku dan menempel di tanaman kentang. Dampaknya, daun tanaman kentang jadi cokelat seperti terbakar,” jelas Dwi, Rabu (3/8).

Menurutnya, embun upas yang terjadi di Banjarnegara tahun ini merupakan yang kedua kali, setelah pada Juni embun yang sama jatuh di 12 ha, sehingga lima ha di antaranya juga puso. “Padahal, petani telah menutup dengan plastik tanaman kentang mereka. Tetapi ternyata masih tetap terkena embun upas. Tanaman kentang yang puso berusia antara 40 sampai 80 hari,” ujarnya.

catatan:

sekedar tambahan mengenai embun upas.

embun upas terjadi pada kisaran bulan mei sampai agustus, yaitu puncak musim kemarau. di musim kemarau, dimana langit sering tanpa awan, proses pendinginan bumi akan berlangsung sangat cepat karena energi panas matahari akan lepas ke angkasa tanpa halangan. khusus di lokasi dataran tinggi, lebih khusus lagi di daerah cekungan (lembah) yang dikelilingi oleh lereng tinggi akan memicu penurunan suhu secara drastis. pengukuran di lokasi tadi malam (waktu itu) terukur 3 derajat celcius. Suhu mendekati titik beku ini menyebabkan banyak cairan sel (protoplasma) di dalam sel daun mengalami pembekuan (baca: peningkatan volume), sehingga dinding sel pecah dan daun menjadi lalu. Esok harinya banyak daun akan seperti terkabar/layu dan akhirnya mati. Untuk itu tiada pilihan lain bagi petani selain memanen paksa tanaman kentang di lahannya.

http://www.mediaindonesia.com
http://mkundarto.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s