01 Agustus 1914 : PD I Dimulai

on

PERANG Dunia I secara resmi dimulai dengan adanya pengumuman perang dari Jerman terhadap Rusia. Tiga hari sebelumnya, Austria juga mengumumkan perang terhadap Serbia dengan alasan terbunuhnya putra mahkota Austria di Sarajevo.

Setelah melancarkan perang terhadap Rusia, Jerman juga memerangi Prancis dan perang pun meluas dengan cepat. Dalam perang tersebut, Jerman bersekutu dengan Austria, Hongaria, dan Ottoman. Adapun Prancis, Inggris, Rusia, dan Serbia bergabung dalam kelompok Sekutu.

Persiapan perang itu sesungguhnya telah dimulai sejak lama. Puluhan tahun sebelum dimulainya perang, negara-negara besar Eropa terlibat dalam persaingan senjata dan berusaha memperluas wilayah jajahan mereka.

Perang itu secara resmi berakhir pada 11 November 1918, dengan korban tewas sebanyak 9 juta orang, 29 juta orang cacat, dan 5 juta orang hilang. Pada 1919, pihak-pihak yang terlibat perang menandatangani Perjanjian Versailles yang memberikan denda besar terhadap Jerman sebagai pihak yang memulai perang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s