Minyak Zaitun Ampuh Perangi Jerawat

on

TIPE perawatan alami apa yang bekerja paling ampuh membasmi jerawat? Banyak ahli spesialis kulit setuju, perawatan jerawat sebaiknya didasarkan pada pola makan yang benar dan menjaga kehigienisan.

Meski pun sudah banyak obat jerawat dijual di pasaran saat ini, sebagian orang tetap memilih perawatan alami di rumah. Selain lebih aman karena menggunakan bahan-bahan natural, perawatan ini juga tidak memerlukan biaya besar.

Nah, berikut ini adalah sejumlah perawatan alami yang patut dicoba dan dipercaya efektif membasmi jerawat:

Diet, tidur, olahraga
Menjalani diet sehat, tidur cukup, dan berolahraga secara teratur adalah apa yang Anda butuhkan untuk mendapatkan kulit mulus bebas jerawat. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan kulit dengan bantuan kapas yang telah dicelupkan ke dalam larutan alkohol. Cara ini berguna untuk membunuh bakteri dan membersihkan pori-pori dari kotoran secara menyeluruh. Pastikan untuk tidak menggunakan alkohol secara berlebihan atau mengulanginya terlalu sering. Sebab, hal itu dapat menyebabkan kulit iritasi dan mengelupas.

Masker oatmeal
Menurut para ahli, kulit super berminyak sebaiknya dirawat menggunakan masker yang terbuat dari oatmeal untuk hasil lebih baik. Ketika dilumatkan, oatmeat bukan hanya berfungsi sebagai scrub yang baik, melainkan juha efektif menyerap kelebihan minyak dari wajah. Setelah memasker wajah menggunakan oatmeal, basuh wajah hingga bersih dengan air dingin untuk membantu merapatkan pori-pori.

Madu dan apel
Selain oatmeal, madu dan apel juga menjadi obat alami yang ampuh membasmi jerawat membandel. Caranya, campurkan parutan apel dengan madu, lalu aplikasikan ke atas wajah yang telah dibersihkan. Diamkan hingga pasta mengering selama sekitar 15-20 menit, lalu basuh hingga bersih dengan air hangat. Perawatan ini bisa dilakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu, tergantung jenis kulit Anda.

Tumbuh-tumbuhan
Selain menggunakan buah-buahan, tumbuh-tumbuhan alami juga dapat membantu mengatasi jerawat. Herbal seperti burdock, sarsaparila dan yellow dock yang diaplikasikan semalaman di wajah, bisa membantu mengatasi kulit berjerawat. Selain itu, tea tree oil juga mampu menangani jerawat yang muncul tiba-tiba. Sifat antiseptik dari tea tree oil mampu menyembuhkan area yang meradang dalam waktu singkat.

Aspirin
Aspirin dikenal ampuh meredakan sakit kepala. Tapi tahukah Anda, aspirin ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Hancurkan sebutir aspirin, lalu campur dengan sedikit air. Aplikasikan pasta tersebut di kulit yang berjerawat, dan diamkan selama beberapa menit sebelum membasuhnya dengan sabun dan air. Prosedur ini berguna untuk mengurangi kemerahan dan meredakan sengatan perih jerawat. Jika jerawat belum juga hilang, ulangi prosedur ini beberapa kali hingga kulit bebas dari jerawat.

Minyak zaitun
Meski terdengar aneh, beberapa orang mengklaim minyak zaitun juga berkhasiat mengobati jerawat. Caranya, buat pasta dengan mencampurkan empat sendok makan garam dengan tiga sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke wajah, dan diamkan selama satu atau dua menit. Kemudian, bilas dengan air hangat dan sabun. Ulangi prosedur setiap hari selama seminggu, lalu kurangi menjadi dua atau tiga kali seminggu.

Vitamin
Sangat penting bagi Anda untuk memerhatikan asupan vitamin dalam tubuh. Sebuah tes yang dilakukan ahli membuktikan, asupan 5.000 unit skala internasional vitamin A setiap hari, dapat mengurangi jerawat. Sementara itu, vitamin B6 membuat kulit lebih kuat sehingga mengurangi kemungkinan jerawat. Seng dalam dosis ringan, jika dikonsumsi sebelum jerawat muncul juga bisa mencegah timbulnya bintik kemerahan tersebut di kulit.

One Comment Add yours

  1. Mixer Roti says:

    mumtaz artikel.
    minyak zaitun memang good, tercantum di Al QUran, subhanallah
    saya tunggu kunjungannya balik.

    salam sukses dan bersama bermanfaat..

    Mixer Roti diskon 5% sampai 31 Januari 2012
    Segera hubungi saya 0856-4984-6665

    http://rezapalavi.wordpress.com/2011/11/20/jual-mixer-roti-dan-mixer-kue-murah-bergaransi/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s