Penelitian: Tertawa Bisa Menambah Nafsu Makan

on

Penelitian: Tertawa Bisa Menambah Nafsu Makan-Anda sering merasakan nafsu makan berkurang? Jika hal ini terjadi, cobalah melakukan terapi ini, tertawa sepuasnya.
Spesialis perawatan pencegahan dan peneliti psiko-neuro-imunologi di Loma Linda University, California Dr. Lee S. Berk mengatakan temuan ini sangat membantu untuk mereka yang sulit makan ketika sedang depresi atau sakit.
Berk beserta kolega berpendapat bahwa “Laughercise” (istilah yang mereka gunakan untuk tawa yang berulang-ulang) dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam studi ini Berk merekrut 14 relawan untuk menonton berbagai jenis video, diantaranya video lucu dan video menyedihkan.

Mereka diminta menonton selama periode tiga minggu. Mereka yang menonton video lucu ternyata mengalami perubahan kadar hormon yang terkait dengan nafsu makan.
Nafsu makan mereka menjadi lebih besar. Perubahan ini sama dengan yang dialami oleh orang-orang ketika selesai berolahraga. “Kami akhirnya menyadari bahwa perilaku kita sehari-hari dan emosi dapat memodulasi tubuh kita dalam banyak hal,” ujarnya.
Nilai lain dari penelitian ini, mungkin untuk menyediakan layanan kesehatan dengan wawasan dan pemahaman baru yang semakin potensial untuk pasien yang tidak dapat menggunakan aktivitas fisik untuk menormalkan atau meningkatkan nafsu makan mereka.

Sumber: vivanews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s