Sepak Bola Indonesia di Piala Dunia 1938

on

Ternyata Indonesia pun sudah pernah berkali-kali mencipipi Piala Dunia. Pertama, Indonesia pernah tampil dalam Piala Dunia 1938 saat masih bernama Hindia Belanda.

Ketika itu Hindia Belanda menjadi satu-satunya wakil Asia di Piala Dunia 1934 setelah Jepang mengundurkan diri. Para pemain Hindia Belanda bukan pemain sepakbola dari klub profesional, melainkan pegawai-pegawai yang bekerja di lingkungan perusahaan atau perkebunan milik Belanda di nusantara. Komposisi pemainnya campuran, antara pribumi, Tionghoa dan orang Belanda asli.

Di babak penyisihan Piala Dunia yang digelar di Perancis itu, Hindia Belanda bergabung bersama Hungaria. Pertandingan antara Hindia Belanda versus Hungaria berlangsung di Reims, Stadion Velodrome Municipale dengan kapasitas 10.000 orang, pada tanggal 5 Juni 1938 pada jam 17.00 waktu Perancis.

Melawan kekuatan sepakbola Eropa saat itu, Hindia Belanda tersungkur tanpa daya dihantam Hungaria enam gol tanpa balas.

Berikut Susunan Pemain Hindia Belanda di Piala Dunia 1938 :
Pelatih : Johannes Christoffel Van Mastenbroek (Belanda)
Kiper :Harting, Tan M. H.
Bek : Hu Kon, Kolle, Samuels
Gelandang : Anwar, Bing, Dorst, Faulhaber, Meeng, Nawir, Van Den Burgh
Penyerang : Van Beusekom, Pattiwael, Soedarmadji, Taihuttu, Tan H. D, Tan S, Teilherber, Telwe, Zomers.

Peran yang kedua adalah ketika Piala Dunia 1974 digelar di Jerman. Pada pertandingan puncak antara Belanda versus Jerman, FIFA menggunakan koin rupiah untuk pengundian sebelum kick off final tersebut. Seperti dikutip Guardian, koin itu dibuat secara khusus sebagai cenderamata oleh percetakan Bank Indonesia pada tahun 1974 dan hanya ada tiga buah. Wasit asal Inggris, Jack Taylor mendapat koin tersebut sebagai cenderamata atas kontribusinya di sepakbola.

Untuk yang berikutnya , Indonesia melalui bola yang disepak-sepak para pemain top di Piala Dunia itu. Betul, bola “Teamgeist” yang dipakai di Piala Dunia 2006 di Jerman dan bola “Jabulani” yang dipakai Piala Dunia di Afrika Selatan sekarang, adalah bola-bola buatan Pabrik Triple “S” di Majalengka, Jawa Barat.

http://cikarangonline.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s