Yahoo dan Hotmail Jadi Incaran Malware

on

ANCAMAN malware semakin meluas. Setelah Gmail diserang malware, ada upaya kelompok serupa menyusup ke Yahoo Mail dan Hotmail milik Microsoft.

Laporan dari TrendMicro menyebutkan serangan terhadap dua sistem lain pada email tampaknya dilakukan secara terpisah. Namun tujuannya sama, yakni untuk memperoleh login dan password dari user, sebagai landasan untuk serangan masa depan.

Pada Rabu (1/6), Google mengungkapkan bahwa ratusan akun Gmail telah terbongkar, termasuk akun email pribadi yang digunakan wartawan, aktivis, dan pejabat pemerintah. Serangan tampaknya datang dari server di China.

Google dalam keterangannya menyebutkan pejabat China telah membantah melakukan serangan terhadap Gmail. Gedung Putih pun mencemaskan adanya serangan itu. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton menganggap masalah ini sangat serius.

Seperti apa model penyerangannya? Penyerang melakukan dengan memakai pishing dengan memanfaatkan rekayasa sosial, dan membujukkorban untuk membocorkan informasi pribadi, termasuk username, dan password.

Menurut Nart Villeneuve, seorang peneliti senior malware dari TrendLabs menyebutkan bahwa penyerang ingin mendapatkan akses ke akun Webmail, untuk memantau komunikasi , dan kemungkinan untuk menyusun strategi penyusupan masa depan.

Villeneuve menambahkan perusahaan keamanan telah mendeteksi serangan menggunakan res://protocol, untuk menyebutkan jenis perangkat lunak untuk PC. Setelah diketahui, software bisa langsung menyerang dan mengeksploitasi kelemahan yang dikenal dalam kode.

Google juga mendeteksi serangan MHTML terhadap aktivitas politik, yang menggunakan kerentanan dalam protocol dalam prosedur yang digunakan untuk menyimpan seluruh halaman web oleh Internet Explorer.

Dari keterangan Villeneuve, disebutkan bahwa Facebook akan menjadi target berikutnya. Dari catatannya, menunjukkan bahwa serangan pada Hotmail dan Yahoo sifatnya konvensional.

http://www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s