Alat Pemantau di Kawah Timbang Terganggu Helicam

on

SEMARANG–MICOM: Alat pemantau kegempaan dan gas beracun yang berada di dekat Kawah Timbang terganggu dengan dioperasikannya helicam (helikopter mini yang dilengkapi kamera) milik salah satu stasiun televisi swasta untuk keperluan merekam gambar dari dekat.

“Alat pemantau kegempaan dan kadar gas beracun yang ditempatkan di dekat Kawah Timbang itu sangat sensitif terhadap getaran,” kata salah seorang anggota SAR Daerah Jawa Tengah, Rudi Setiawan, di Pos Simbar I, Dusun Simbar, Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jumat (3/6).

Beberapa petugas Badan SAR Nasional dan kepolisian yang berada Pos Simbar I menyayangkan kru televisi swasta yang mengoperasikan helicam dengan alat pengendali jarak jauh tersebut tanpa berkoordinasi dengan pihak terkait di Posko Penanggulangan Bencana Alam di Kecamatan Batur.

Akhirnya beberapa petugas Basarnas menyusul dan meminta para kru televisi untuk menghentikan pengoperasian helicam.

Beberapa saat kemudian tiga petugas Basarnas yang dilengkapi masker dan tabung oksigen melakukan pengecekan alat pemantau milik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang sempat mengalami gangguan itu.

Berdasarkan pantauan, puluhan petugas gabungan dari Basarnas dan kepolisian terlihat berjaga di Pos Simbar I serta melarang warga setempat melakukan aktivitas di sekitar Kawah Timbang untuk menghindari jatuhnya korban jiwa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s