13-5-81: Paus Selamat dari Upaya Pembunuhan

on

Pemimpin umat Katolik se-dunia itu lolos dari maut setelah ditembak empat kali di Roma

VIVAnews – Pada 30 tahun yang lalu, pemimpin umat Katolik Roma se-dunia, Paus Yohanes Paulus II, lolos dari maut kendati dia ditembak empat kali, 13 Mei 1981. Saat itu dia menemui sekitar 20.000 umat di Alun-alun St. Peter di Roma, Italia.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa Paus ditembak oleh seorang pria 23 tahun asal Turki bernama Mehmet Ali Hagca. Dua peluru bersarang di perutnya, sebuah lagi di tangan kanan sedangkan satu tembakan lain mengenai salah satu jarinya.

Rohaniwan besar asal Polandia itu langsung dilarikan ke rumah sakit dan tim ahli bedah membutuhkan waktu lima jam untuk mengeluarkan semua peluru dari tubuhnya. Nyawa Paus selamat dan dua pekan kemudian bisa keluar dari rumah sakit kendati harus masuk kembali pada tanggal 21 Juni 1981 karena infeksi paru-paru.

Sedangkan Hagca divonis hukuman penjara seumur hidup pada Juli 1981. Paus juga mengampuni Hagca dan meminta dia dibebaskan dari penjara di Italia pada Juni 2000.

Paus akhirnya tutup usia pada 2 April 2005 setelah menderita gangguan pernafasan. Posisinya sebagai pemimpin Vatikan ditempati oleh Kardinal Joseph Radzinger, yang kini dikenal sebagai Paus Benediktus XVI.
• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s