Perempuan dan Kesan Awal

on

‘DIA cantik atau dia seksi’. Itulah yang hampir pasti dikatakan pria saat dimintai komentarnya mengenai perempuan yang baru pertama kali ditemuinya. Namun, perempuan yang bertemu dengan subjek yang sama akan berkata, ‘bibirnya seksi dan alisnya indah’. Demikian garis besar studi yang dilakukan tim ahli dari Universitas Vanderbilt dan Universitas Hong Kong China, belum lama ini.

Dengan melakukan serangkaian tes, peneliti menemukan fakta bahwa perempuan ternyata memiliki kesan pertama yang lebih melekat dan lebih mendetail. “Dalam tes, kami menciptakan sejumlah wajah fiktif dan menunjukkannya kepada para relawan. Peserta pria yang melihat objek ini menganggapnya sebagai satu kesatuan, sedangkan perempuan cenderung lebih menganalisis detailnya secara terpisah,” jelas peneliti.

Menurutnya, ada perbedaan substansial yang memengaruhi pria dan perempuan ketika dia pertama kali bertemu lawan jenisnya. “Selain gender, persepsi juga sangat dipengaruhi tingkat pengetahuan kita terhadap sebuah objek,” jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s