Status Gunung Dieng Waspada

on

BANJARNEGARA–MICOM: Kawah Timbang di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), meningkat aktivitasnya selama sepekan terakhir. Karena itu, statusnya mulai Senin (23/5) dinaikkan dari level I atau aktif normal menjadi level II atau waspada.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Tunut Pujiraharjo mengatakan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Dieng yakni Kawah Timbang yang terletak di Dusun Simbar, Desa Sumberejo, Kecamatan Batur.

“Penaikan status tersebut dilakukan karena adanya peningkatan aktivitas vulkanik. Asap muncul setinggi 20 meter dengan kisaran waktu 15-30 menit. Juga terjadi gempa vulkanik dalam dan dangkal sejak 18-22 Mei. Gempa dalam 62 kali, gempa vulkanik dangkal 59 kejadian dan gempa tektonik lokal satu kejadian,” jelas Tunut di Banjarnegara, Rabu (25/5).

Hingga Rabu (25/5), aktivitas kawah Timbang masih tinggi ditandai dengan munculnya gempa vulkanik disertai asap yang berwarna biru dan mengandung gas beracun, CO2. Pada Senin (23/5), konsentrasi mencapai 0,10623% volume.

Atas kenaikan aktivitas ini, PVMBG telah mengeluarkan larangan kepada masyarakat agar tidak mendekati Kawah Timbang dalam radius 500 meter atau 0,5 km. Sebab, gas tersebut sangat berbahaya bagi manusia.

Camat Batur Sarkono mengungkapkan bahwa pihaknya telah mensosialisasikan kepada warga mengenai naiknya aktivitas Kawah Timbang di Dieng. Dari pemantauan yang dilakukan, kawah tersebut biasanya memunculkan gas berwarna biru terutama pada saat subuh hingga matahari terbit. “Oleh karena itu kami telah mengimbau kepada warga di sekitarnya untuk tidak mendekat,” kata dia.

“Kami meminta warga tetap waspada, jangan sampai kejadian tahun 1979 lalu terulang. Waktu itu, kawah Sinila mengeluarkan gas beracun yang menewaskan 149 warga,” jelasnya.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kecamatan dan desa.

“Di wilayah Dusun Simbar, penduduknya sebanyak 400 jiwa. Sementara ini, mereka tidak mengungsi karena lokasinya cukup jauh dari kawah Timbang. Tetapi jika kondisi memburuk, mereka bakal dievakuasi,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s