Lima Profesi Unik dan Mengasyikkan

on

SIAPA bilang bekerja harus selalu terasa monoton dan membosankan? Di zaman sekarang ini, terdapat berbagai pilihan profesi baru yang unik dan mengasyikkan.

Sebagian besar profesi ini memang baru muncul di Amerika Serikat. Tapi, tak ada salahnya menjadikan daftar berikut sebagai inspirasi bagi Anda:

Speed decorator
Masih ingat tokoh Anna Brady yang diperankan oleh aktris peraih Oscar Amy Adams di film ‘Leap Year’? Dalam komedi romantis itu, dia dikisahkan berprofesi sebagai seorang speed decorator. Siapa sangka, profesi seperti itu ternyata benar-benar ada di dunia nyata.

Speed decorator disewa oleh pemilik rumah dan agen real estate, untuk menyulap sebuah rumah yang tidak laku menjadi tempat tinggal cantik dan diincar oleh calon pembeli. Menurut Jill Vegas, penulis buku ‘Speed Decorating’, pekerjaan seorang speed decorator bervariasi mulai dari menghias rumah secara sederhana dengan bunga segar dan linen baru, sampai campur tangan serius seperti membawa sofa empuk, lampu sempurna, dan karpet bewarna-warni.

Di kota-kota besar, profesi ini bisa memasang tarif US$100-US$250 perjam.

Doggy flight attendant
Seorang pet attendant di maskapai penerbangan Pet Airways, bertanggung jawab atas hewan-hewan di lounge hewan peliharaan, menggosok-gosok perut atau memijat telinga mereka di sepanjang perjalanan, dan mengantarkan hewan-hewan tersebut dengan selamat kepada pemiliknya di akhir perjalanan.

Pet Airways merekrut orang-orang yang telah bekerja dengan hewan peliharaan secara profesional, misalnya di kantor dokter hewan atau tempat penitipan anjing.

Professional tweeter
Profesi satu ini paling tepat bagi Anda yang ketagihan dengan situs media sosial seperti Twitter. Untuk level pemula, gaji yang diberikan bisa mencapai US$20.000-US$50.000 tergantung keahlian. Ada pun tugas yang harus dikerjakan mencakup blogging tentang acara perusahaan, mengetwit produk sebuah perusahaan, dan membangun rencana social-marketing untuk klien.

Posisi ini biasanya tersedia di perusahaan pemasaran atau public relation, yang menciptakan strategi berjejaring sosial.

Undercover diner
Memesan makanan di sebuah restoran bintang tiga bisa menguras isi kocek Anda, kecuali jika Anda seorang detektif makanan. Berbagai perusahaan di AS menyewa konsultan untuk mengaku sebagai pelanggan dan menilai bagaimana staf restoran memperlakukan tamunya, lalu melaporkan kembali setiap detail secara jujur.

Menurut Mystery Shopping Provider Association, kebanyakan orang untuk profesi ini tidak memerlukan latar belakang pengalaman tertentu. Bayaran yang didapat termasuk harga makanan dan upah esktra sebesar US$20 atau lebih.

Style guide
Bagi Anda yang senang berbelanja tapi tidak tahan melihat tagihan kartu kredit, profesi satu ini barangkali sesuai. Tempatkan keahlian shopping Anda untuk bekerja sebagai pemandu di sebuah perusahaan, yang membantu penduduk lokal atau wisatawan untuk berburu berbagai barang mulai dari gaun vintage sampai sampel desainer.

Menurut Christine Silvestri, pendiri Urban Shopping Adventures di Los Angeles, yang dibutuhkan hanyalah selera gaya berbusana yang baik, pengetahuan tentang tren, dan sikap ramah. Bayaran untuk profesi ini sekitar US$15 perjam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s