Tangisan Kehilangan Pengikut Sai Baba

on

VIVAnews – Tokoh spiritual India, Sathya Sai Baba, meninggal dunia di usia 86 tahun, kemarin. Sai Baba yang diyakini pengikutnya sebagai manusia setengah dewa dan konon mampu membangkitkan orang mati ini meninggal akibat penyakit jantung dan pernafasan.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Sai Baba dirawat sekitar sebulan di Rumah Sakit Puttaparthi, negara bagian Andra Pradesh, India. Baba kemudian disemayamkan di ashram-nya di Puttaparthi.

Dalam tautan foto ini, terlihat jenazah Sai Baba diletakkan di dalam peti mati transparan. Di ashram-nya, pengikut Baba pun berbondong-bondong ingin melihat jenazah Baba.

Sejumlah pengikut Sai Baba juga terlihat meluapkan kesedihan atas meninggalnya Baba. Kesedihan terlihat saat jenazah Baba dibawa kembali ke ashram-nya. Di sepanjang jalan, pengikut Sai Baba menangis saat melihat ambulan membawa jenazah Baba.

Sai Baba, lahir di Puttaparthi pada 23 November 1926, dengan nama asli Sathyanarayana Raju. Raju kemudian mendeklarasikan diri sebagai reinkarnasi seorang tokoh suci aliran Maharashtri, yaitu Sai Baba dari Shirdi, dan kemudian mengganti nama menjadi Sai Baba.

Ajarannya yang memadukan Hindu dan Islam berhasil menghimpun jutaan pengikut yang tersebar di 114 negara. Pengikutnya sebagian besar merupakan kalangan menengah ke atas, salah satu pengikut Baba adalah aktris Hollywood Goldie Hawn.

Namun, Sai Baba juga dikenal sebagai tokoh kontroversial karena terjerat kasus pelecehan seksual. Kemampuan Sai Baba dalam menghidupkan warga Amerika Walter Cowan pada 1971 pun juga dianggap sebuah tipuan oleh seorang wartawan Inggris, Mick Brown yang melakukan liputan investigasi dengan menelusuri surat-surat dari sejumlah dokter yang memeriksa Cowan.

http://dunia.vivanews.com

catatan penulis:
Sai baba terbukti adalah seorang manusia biasa yang tidak dapat mengingkari kematian. Terlepas dari segala kisruh mengenai dirinya, ajarannya yang pling terkenal adalah ajaran cinta kasih.. smoga tuhan mengampuni segala dosa2nya.. amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s