23 Mei 1945 : Himmler Bunuh Diri

HEINRICH Luitpold Himmler adalah komandan Schutzstaffel (SS) Jerman. Ia merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh di Jerman Nazi. Sebagai Reichsfuhrer-SS, ia mengendalikan SS dan Gestapo. Himmler juga menjadi organisator utama Holocaust.

Himmler bergabung dengan Nazi setelah menjadi pedagang di sebuah perusahaan pembuat pupuk. Pada reformasi partai, ia diangkat sebagai kepala pengawal pribadi Hitler.

Schutzstaffel hanya beranggotakan 200 orang. Di bawah kepemimpinannya, angkatan kecil itu berkembang menjadi pasukan yang besar di masa ‘Reich Ketiga’.

Namun, ketika menyadari akan kalah dalam perang, Himmler mencoba mendekati Sekutu untuk perundingan perdamaian. Ia meminta penghentian pembantaian massal seluruh bangsa Yahudi dan mengusulkan penyerahan pasukan Jerman di barat, termasuk Denmark dan Norwegia.

Hitler yang mendengar pengkhianatan orang kepercayaannya itu akhirnya mencopot Himmler dari seluruh jabatannya. Ia mencoba melarikan diri dengan identitas palsu, tetapi ditangkap sejumlah anggota SS di dekat Bremervorde. Ia bunuh diri pada 23 Mei 1945. Tubuhnya dikebumikan di sebuah makam tak bertanda di Lueneburg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s