Tips Merencanakan Liburan ke Eropa

‘BENUA Biru’ memang memiliki pesona tersendiri bagi banyak orang dari segala usia dan budaya apa pun. Mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Big Ben, Menara Eiffel, dan The Colosseum tak hanya mampu memberikan kita wawasan yang lebih luas, tapi juga membuat kita sadar betapa luasnya dunia ini. Manfaat lainnya yakni bisa memahami budaya yang berbeda, bertemu orang baru, dan belajar bahasa asing.

Namun, sebelum Anda pergi berwisata ke sana, Anda terlebih dahulu harus merencanakan perjalanan.

1. Buatlah daftar semua dokumen yang Anda perlukan

Riset secara online di Travel.state.gov atau hubungi agen perjalanan di negara mana saja Anda memerlukan paspor atau negara mana yang memerlukan paspor dan visa. Periksa pula apakah diperlukan dokumen medis karena ada beberapa negara yang meminta ketentuan itu. Kunjungi situs seperti Vayama.com atau Travelocity.com. Order dan cetak konfirmasi Anda. Siapkan folder dengan dokumen-dokumen tersebut dan tambahkan salinan akte kelahiran dan SIM.

2. Bawa barang bawaan sesimpel mungkin

Jangan lupa bawa hangat yang ringan. Terlepas dari berapa lama Anda berencana untuk tinggal, siapkan pakaian hanya untuk satu minggu Beli kamus bahasa untuk setiap negara yang akan dikunjungi. Sisakan tempat di koper untuk oleh-oleh dan suvenir yang mungkin akan dibeli.

3. Periksa nilai tukar uang di setiap negara yang akan dikunjungi

Tukarlah uang di lokasi di mana nilai dolar meningkat. Misalnya, sejak nilai Euro melebihi dolar, jika memungkinkan, tukar dulu uang di Amerika Serikat. Jika Anda akan Eropa Timur seperti Rusia, rubel memiliki nilai kurang dari US$1 dan Anda harus menunggu sampai Anda mengunjungi Rusia untuk menukar uang. Anggarkan sejumlah uang untuk makanan dan berbelanja. Gunakan kartu kredit atau debit untuk transportasi dan penginapan.

4. Buatlah daftar kontak dalam keadaan darurat

Tuliskan nomor polisi setempat. Temukan angka-angka untuk kedutaan besar Indonesia. Juga, cari nomor telepon rumah sakit lokal da nalamatnya. Buat daftar nama hotel atau tempat lain di mana Anda akan tinggal. Tuliskan sebagai kontak sebanyak mungkin. Simpan daftar dalam folder dan berikan ke agen perjalanan Anda atau anggota keluarga terdekat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s