Delapan Tempat Menarik di Kala Malam (1)

SIANG, ketika langit cerah dan sedikit berawan selalu menjadi teman yang bersahabat kala menikmati waktu liburan. Banyak kegiatan menyenangkan biasa dilakukan di siang hari, namun malam juga menawarkan keindahan alam dan kegiatan yang tidak kalah menyenangkan.

Mau tahu? Berikut beberapa tempat yang menarik di kala malam seperti kami kutip dari laman Independenttraveler.com.

1. Sea Turtle Nesting Grounds, Kosta Rika

Penyu menghabiskan hampir seluruh hidupnya di laut, tetapi ketika penyu betina siap untuk bertelur, mereka akan menyeret diri ke pantai di malam hari dan menggali lubang di pasir dengan siripnya. Kemudian penyu betina tersebut akan meletakkan telur dalam lubang, menutupi sarang dengan pasir dan mundur kembali ke laut.

Menghabiskan malam melihat makhluk-makhluk langka yang susah payah mempersiapkan kedatangan generasi muda mereka adalah pengalaman sekali dalam seumur hidup. Nah di Kosta Rika ada berbagai situs bertelur di pantai-pantai di mana kura-kura dapat dilihat sedang membuat sarang di malam hari, termasuk Taman Nasional Corcovado dan Taman Nasional Tortuguero. Waktu terbaik untuk melihat penyu bersarang biasanya antara bulan Oktober dan Maret.

2. Red Light District, Amsterdam, Belanda

Wisatawan yang mengunjungi Red Light District Amsterdam di siang hari akan memiliki pengalaman yang sama sekali berbeda dibandingkan saat datang setelah malam semakin larut. Ya, lingkungan ini memang terkenal akan dunia seks legalnya dan semuanya akan semakin hidup di malam hari. Saat malam semakin menghitam wilayah ini dikerumuni banyak orang, cahaya lampu neon, dan asap yang keluar dari pintu bar remang-remang.

Bagi Anda yang tidak tertarik akan layanan berdosa Red Light District masih bisa tetap berkunjung karena lingkungan ini juga memiliki banyak restoran terkemuka dan bar-bar yang bebas narkoba.

3. Taman Nasional Ngarai Bryce, Utah, Amerika Serikat

Ngarai Bryce terkenal karena pemandangan indahnya berupa lembah dan formasi batuan yang hidup (disebut “hoodoos”). Bukan hanya di siang hari pemandangan ini akan terlihat menakjubkan, karena taman nasional menawarkan pemandangan yang sama dramatisnya saat langit malam dipenuhi bintang.

Karena tingkat polusi cahaya yang rendah, Ngarai Bryce akan gelap seperti kebanyakan lokasi penelitian astronomi dan ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat bintang.

Di lokasi ini Anda dimungkinkan untuk melihat lebih dari 7.500 bintang-bintang tanpa teleskop. Anda juga bisa mendapat keuntungan lain dari berbagai kunjungan astronomi gratis yang diselenggarakan oleh penjaga taman, termasuk hiking dengan pemandu saat bulan purnama.

4. Manta Ray Night Dive, Kona, Hawai

Ingin melihat pari manta beraksi? Pergilah ke Kona di Hawai dan pesan paket menyelam malam hari atau wisata snorkeling. Setelah matahari terbenam, puluhan penyelam biasanya akan terjun ke perairan di sekitar pulau yang diterangi lampu bawah air dan hal ini menarik banyak plankton.

Plankton pada gilirannya menarik perhatian bagi banyak pari manta bersayap yang memakan organisme laut tersebut. Ritual ini telah berlangsung di perairan Kona selama lebih dari satu dekade, sebagai hasilnya, pari manta telah terbiasa untuk berenang ke tempat yang sama setiap malam untuk mengisi perut mereka.

Pesisir perairan Kona adalah salah satu tempat terbaik di dunia bagi penyelam untuk atraksi pari manta di malam hari. Bila tertarik, Anda bisa mengetahui informasi lebih lengkap di mantapacific.org.

Ini baru sebagian dari tempat-tempat menarik lainnya di kala malam. Jadi tunggu kelanjutannya. (*/X-13)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s