Spanyol, Pilihan Wisata Hemat di Eropa

on

LUPAKAN rencana liburan di rumah atau sekadar berjalan-jalan ke beberapa lokasi pariwisata di kota Anda untuk menghemat. Cobalah rencanakan berlibur ke Spanyol. Tenang, jangan khawatir akan boros sebab Spanyol ternyata merupakan destinasi pariwisata paling murah di Eropa.

Khusus bagi wisatawan Inggris, mereka dipastikan akan menghemat banyak uang tunai. Karena, menurut hasil survei, Spanyol merupakan negara dengan biaya termurah di Eropa dalam empat tahun ini.

Resesi yang melanda Spanyol beberapa waktu lalu telah memangkas banyak harga, terlebih saat tercatat bahwa jumlah warga Inggris yang mengunjungi negara itu turun 15-20 persen. Harga hotel, makanan, dan keperluan sehari-hari pun terhitung lebih terjangkau di Spanyol daripada di destinasi wisata lainnya.

Menurut jajak pendapat yang digelar Kantor Pos Travel Money, Miami adalah destinasi wisata paling mahal, dengan harga rata-rata makanan dan keperluan sehari-hari mencapai 92,81 pounds. Padahal untuk fasilitas yang sama, tercatat, di Prancis dan Italia hanya 80 pounds, 70 pounds di Brighton, Mesir, dan Siprus. Bahkan di Spanyol, hanya seharga 42,15 pounds.

Setelah bertahun-tahun menetapkan standar harga tinggi disertai jumlah pengunjung yang rendah, biaya berwisata di Spanyol kini 36 persen lebih murah daripada di 2007. Keterjangkauan itu pun tak pelak membuat Spanyol menjadi destinasi liburan favorit dengan jumlah pengunjung naik 11 persen per tahun pada 2011.

“Tak hanya para pemilik restoran di Spanyol yang menawarkan harga kompetitif, tapi juga para pelaku bisnis dan perhotelan,” kata Sean Tipton, juru bicara Asosiasi Pariwisata ABTA, seperti dikutip dari Daily Mail (14/4). Atas kemajuan ini, Spanyol pun mendapat banyak pujian karena dinilai mampu mengenali masalah dalam sektor pariwisatanya dan mampu mengatasi itu dengan baik.

Negara-negara lain seperti Turki dan Mesir pun sekarang mengikuti jejak Spanyol dengan menciptakan harga kompetitif untuk meningkatkan sektor pariwisata mereka.(Pri/X-13)

http://www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s