Awas, Pekerjakan Anak Jalan bisa Didenda Rp50 Juta

on

YOGYAKARTA–MICOM: Siapa pun yang terbukti merekrut, memobilisasi, memaksa, atau dengan sengaja mempekerjakan anak jalanan untuk mencari uang di jalanan akan dikenai sanksi. Mereka diancam denda hingga Rp50 juta atau penjara maksimal enam bulan.

Demikian disampaikan Ketua Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anak Jalanan (Anjal) DPRD DIY Nanang Roekmadi. Menurut Nanang, eksploitasi terhadap anak jalanan itu diduga merupakan jaringan yang cukup luas hingga ke berbagai daerah.

Mereka yang menyuruh anak untuk mencari uang di jalanan itu diancam denda hingga Rp50 juta atau penjara maksimal enam bulan.

Nanang mengemukakan aturan pemidanaan itu dituangkan dalam draf Raperda Provinsi DIY tentang Perlindungan Anak Jalanan.

Ia mengemukakan raperda itu diharapkan bisa disahkan pada 23 Mei mendatang. “Saat ini kami masih melakukan pembahasan yang intensif,” katanya.

Poin penting dalam draf ini, lanjut dia, masalah kependudukan. “Kami akui ada kesulitan dalam menentukan status anak asal DIY atau luar DIY. Misal, kedua orang tua anak jalanan berasal dari luar DIY lalu mempunyai anak di wilayah DIY. Ada juga anak jalanan yang sudah mengetahui asal usul orang tua, tapi tidak punya KTP dan sebagainya,” katanya.

Ia mengemukakan status anak jalanan itu menjadi penting karena hak-hak mereka, seperti masalah pendidikan dan kesehatan serta hal lainnya. (AU/OL-11)

http://www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s