Waspada, Pasangan Berperut Buncit tanda Diskriminasi

PENYEBAB perut buncit ternyata bukan hanya kelebihan lemak, tapi ada pula penyebab secara kejiwaan. Menurut penelitian terbaru dari Universitas Purdue, disebutkan, orang, terutama laki-laki yang mengalami segala bentuk diskriminasi cenderung memiliki lingkar pinggang lebih besar.

“Penelitian kami menemukan bahwa laki-laki yang terus-menerus mengalami diskriminasi tingkat tinggi selama sembilan tahun lebih cenderung mengalami peningkatan ukuran lingkar pinggang,” kata Haslyn ER Hunte, asisten profesor kesehatan dan kinesiologi.

“Perempuan yang melaporkan pengalaman serupa juga mengalami penambahan lingkar pinggang, tapi ukurannya sedikit lebih kecil ketimbang pria. Ini menunjukkan bagaimana diskriminasi menyakiti orang secara fisik. Ini pun mengingatkan kita bagaimana perlakuan tidak adil bisa sangat memengaruhi orang lain.

“Mereka yang merasa diperlakukan tidak adil juga semestinya harus menyadari kaitan antara stres dan persepsi mereka. Maka itu, mereka mesti mempertimbangkan strategi mengatasi perasaan tersebut seperti dengan olahraga atau perilaku sehat lainnya,” tambah Hunte. Ia pun menekankan pentingnya lebih menyadari tentang bagaimana kita memperlakukan orang lain.

Studi ini digelar dengan melibatkan lebih dari 1.400 orang partisipan selama 1995 hingga 2004. Penemuan ini pun telah dipublikasikan pada American Journal of Epidemiology edisi April 2011. (Pri/OL-06)

http://www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s