VW Kodok Generasi Ketiga Resmi Diluncurkan

on

AKHIRNYA Volkswagen New Beetle generasi ketiga resmi ditampilkan di Shanghai Auto Show dan New York Auto Show pekan ini. Kendaraan ini meneruskan sebuah tradisi desain asli yang tercetus 73 tahun lalu di tahun 1938.

Sejak pertama kali dilahirkan, VW Beetle telah terjual dengan angka fantastis sebanyak 21,5 juta unit. Sementara untuk New Beetle sendiri, sejak pertama kali diluncurkan pada 1998 hingga akhir tahun 2010 lalu, telah diproduksi lebih dari satu juta unit.

VW ‘Kodok’ generasi terakhir ini akan menyandang nama sebagai ‘Beetle’ tanpa embel-embel ‘New’ sebagai upaya untuk menyederhanakan namanya. Kendaraan ini akan mulai dijual di Amerika Utara tahun ini dan akan dijual ke seluruh dunia mulai tahun 2012.

Dalam hal kualitas, tampilan VW Beetle ini akan lebih besar, lebih matang dan dengan rancangan yang lebih bersifat unisex. Dengan kata lain, kendaraan ini kini cocok digunakan baik untuk kaum Adam maupun kaum Hawa.

Begitu pula dengan bagian interiornya yang kini menghapus kesan ‘imut’ dengan meniadakan vas bunga kecil di tengah dasbor. Kendaraan ini juga dipercanggih dengan menghadirkan instrumen tambahan di atas konsol tengah berisi sistem audio dan navigasi terintegrasi dengan layar 5 inci atau 6,5 inci.

Sebagai fasilitas tambahan alias opsional, VW menawarkan sunroof panoramic yang diklaim memiliki luas permukaan yang 80% lebih besar dibanding model sebelumnya. Pembesaran juga merambah ke area dimensi bodinya.

Panjang Beetle terbaru ini, kini mencapai 4.278 mm atau lebih panjang 152 mm dibanding sebelumnya, sementara lebarnya bertambah 84 mm menjadi 1.808 mm. Sedangkan untuk ketinggian, VW Beetle generasi baru ini justru lebih pendek 12 mm dibanding sebelumnya menjadi 1.486 mm.

Dengan jarak sumbu roda yang kini mencapai 2.537 mm, VW Beetle baru ini menjanjikan ruang interior yang lebih lapang dibanding pendahulunya. Selain itu ruang bagasi juga mampu menyajikan ruang dengan kapasitas 310 liter, meningkat dibanding sebelumnya yang hanya 209 liter. Seluruh model kini dilengkapi sandaran kursi belakang yang dapat dilipat secara terpisah untuk meningkatkan fleksibilitas.

Seperti pendahulunya, VW Beetle dibekali mesin yang terpasang di bagian depan dan bersistem penggerak roda depan. Sedangkan pilihan mesin, akan tersedia mesin bensin maupun diesel, tergantung wilayah di mana kendaraan ini dipasarkan.

Untuk pasar Amerika Serikat, pilihan mesinnya antara lain adalah mesin turbo diesel TDI 2.0 liter bertenaga 140 hp dengan pilihan transmisi baik manual 6-speed maupun otomatis 6-speed yang mampu menyajikan efisiensi bahan bakar dengan takaran antara 12,33 km/liter di jalan bebas hambatan, 17 km/liter di perkotaan, sementara untuk kombinasi keduanya mencatatkan 14 km/liter.

Pilihan mesin bensinnya terdiri dari mesin 5 silinder 2.5 liter bertenaga 170 hp. Untuk yang dilengkapi transmisi manual, konsumsi bahan bakarnya sekitar 9,35 km/liter dalam kota, 13,18 km/liter di jalan bebas hambatan dan pemakaian rata-rata 10,63 km/liter. Dibandingkan dengan transmisi 6-speed otomatis adalah 9,35 km/liter, 12,33 km/liter dan 10,63 km/liter.

Pembeli di AS juga dapat memilih mesin 2.0 liter TSI turbo bertenaga 200 hp yang tersedia dalam pilihan transmisi 6-speed manual atau 6-speed DSG (dual clutch gearbox) yang memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata sekitar 10,63 km/liter.

Untuk konsumsi di luar AS seperti Asia, Australia Eropa dan Selandia Baru, VW Beetle hanya akan tersedia dengan mesin-mesin turbo empat silinder yang seluruhnya baru pertama kali dicangkokkan sebagai jantung sang VW Kodok.

Pilihan mesin bensinnya terdiri dari mesin 1.2 lter TSI turbo bertenaga 105 hp, 1.4 liter TSI turbo bertenaga 160 hp dan 2.0 liter TSI turbo bertenaga 200 hp. Sementara pilihan mesin dieselnya berupa mesin 1.6 liter bertenaga 105 hp, dan 140 hp.

VW mengklaim bahwa berkat penambahan fitur stop/start system dan battery regeneration system yang diusungnya, Beetle bermesin diesel 1.6 liter bertenaga 105 hp, diperkirakan mampu menyajikan konsumsi bahan bakar dengan takaran 23,25 km/liter dengan emisi 112 g/km. (OL-07)

http://www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s