Vitamin D Kurangi Risiko Kerusakan Mata Hingga 59 Persen

on

New York, Tidak hanya bermanfaat bagi tulang, vitamin D juga baik untuk kesehatan mata karena bisa menjaganya dari kerusakan. Konsumsi vitamin D yang cukup bisa mengurangi risiko mata rusak hingga 59 persen terutama pada perempuan usia muda.

Ilmuwan dari Buffalo University di New York, Dr Amy Millen membuktikan hal itu dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Archieves of Opthalmology. Dalam penelitian itu, Dr Millen melibatkan tak kurang dari 1.313 perempuan berusia di bawah 75 tahun.

Penelitian itu membuktikan bahwa kecukupan vitamin D berhubungan dengan risiko Age-related Macular Degeneration (AMD) atau penurunan fungsi makula mata akibat proses penuaan. Kondisi ini ditandai dengan kerusakan makula, yakni bagian kecil di tengah-tengah kornea.

AMD diderita oleh 2 persen populasi warga di negara-negara berkembang, paling banyak di kelompok usia 50 tahun ke atas. Penderitanya akan mengalami gangguan penglihatan, bahkan tidak sedikit di antaranya yang sampai mengalami buta sebagian.

Dalam penelitian itu terungkap, makin tinggi asupan vitamin D serta diimbangi dengan nutrisi lainnya maka risiko mengalami AMD makin kecil. Pada partisipan dengan asupan vitamin D paling banyak, penurunan risiko AMD bisa mencapai 59 persen.

“Butuh lebih banyak penelitian mengenai hal ini, untuk memastikan hubungannya dengan faktor lain yagn sudah diketahui yakni genetik dan gaya hidup,” ungkap Dr Millen seperti dikutip dari Dailymail, Senin (18/4/2011).

Beberapa jenis makanan yang merupakan sumber vitamin D antara lain susu, ikan salmon, bayam, kedelai dan jus jeruk. Sinar matahari bukan sumber vitamin D, namun sangat dibutuhkan dalam mensintesis provitamin D di dalam tubuh agar menjadi vitamin D.

http://health.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s