Pernikahan kerajaan termahal

1. Pangeran Charles dan Putri Diana

Saat orang tua Pangeran William menikah di Katedral St.Paul 30 tahun lalu, pernikahan mereka menarik perhatian sekitar 750 juta orang. Biaya pernikahan keseluruhan memang tidak pernah diungkap, tapi kami yakin, nilainya sangat besar. Cincin pertunangan Diana, yang kini dipakai Kate Middleton, saja bernilai sekitar 30 ribu pound, atau sekitar 85 ribu pound saat ini. Dan gaun antik Emmanuel yang bewarna gading dan dipakai selama tiga setengah menit saat berjalan ke altar itu bernilai 9 ribu pound, atau sekitar 25 ribu pound uang sekarang.

2. Al-Muhtadee Billah dan Sarah Salleh

Di tahun 2004, lulusan Oxford, Pangeran Al-Muhtadee Billah, anak Sultan Brunei menikahi gadis berusia 17 tahun, Sarah Pengerian Salleh di istana Nurul Iman di Bandar Seri Begawan. Pesta mewah yang setidaknya menghabiskan 2,8 juta pound, ini terdiri dari berbagai upacara yang memamerkan tradisi Brunei selama ratusan tahun. Tak terhitung banyaknya pemimpin negara dan kerajaan yang datang untuk menyaksikan hajatan anak pertama Sultan ini. Ia akan menjadi raja ke-30 Brunei, dalam kerajaan yang telah berdiri kokoh selama 600 tahun. Sang mempelai wanita berayah Brunei dan beribu seorang perawat kelahiran Swiss, Suzanne Aeby.

3. Putri mahkota Victoria dan Daniel Westling

Saat putri mahkota Swedia, Victoria menikahi bekas pelatih fisiknya, Daniel Westling, di Juni 2010, biaya pernikahannya mencapai 20 juta Kronor, atau sekitar 1.9 juta pound. Sekitar 250 ribu orang, termasuk 150 ribu turis berbaris di jalanan Stockholm untuk menyaksikan pernikahan dongeng ini berlangsung. Sekitar 1000 undangan dari seluruh dunia ikut menghadiri jamuan. Beberapa minggu sebelumnya, seluruh kota telah dihiasi bunga-bunga dan raja furniture Swedia, IKEA, mendirikan replika kastil dua lantai di tengah kota.

4. Putra mahkota Pavlos dan Marie-Chantal Miller

Salah satu upacara pernikahan paling heboh yang pernah terjadi di London adalah antara putra mahkota Yunani, dan seorang anak jutawan Amerika. Pernikahan yang dilangsungkan oleh ayah Marie-Chantal Miller ini diadakan di Katedral St. Sophia di London. Sang miliarder, Robert Warren Miller ini dilaporkan menghabiskan 1 juta pound untuk pernikahan yang dihadiri sekitar 1400 orang, termasuk almarhumah ibu ratu Inggris. Perangkai bunga pribadi Kerajaan Denmark ikut mendekorasi katedral dengan 30 ribu bunga pink. Sang mempelai wanita mengenakan baju bertahtakan mutiara, dengan 4.5 meter layer chantily berenda senilai 150 ribu pound. Jangan lupa, sebelumnya, ayah Marie Chantal telah memberikannya mas kawin senilai 200 juta pound.

5. Grace Kelly dan Pangeran Rainier III

Mempelai pria-nya adalah putra kerajaan, mempelai wanitanya adalah putri Hollywood. Pantas saja pernikahan mereka tidak murah. Mereka mengundang seluruh populasi dewasa Monaco untuk ikut dalam perayaan, setelah sebuah gala mewah. Sebagai hadiah pernikahan, Aristotle Onassis memberi sebuah yacht sebesar 147 kaki, sementara rakyat Monaco memberi sebuah Rolls-Royce bewarna krem dan hitam.

6. Pangeran Arthur dan Catherine dari Aragon

Ada satu pernikahan Inggris yang sangat mewah di masa lampau, yaitu saat Catherine dari Aragon, menikahi Pangeran Arthur, anak Raja Henry VII dan Ratu Elizabeth, di Katedral St.Paul di London tahun 1501. Meski sulit mengkalkulasi dengan uang sekarang, kemewahan cukup terlihat dari gaun benang emas yang dipakai kedua mempelai dan perayaan yang berlangsung selama dua minggu. Ada acara makan malam mewah, pesta topeng, dansa terus-menerus dan pesta harian. Saat Arthur meninggal, Catherine lalu menikahi adiknya, Raja Henry VIII.

7. Marie Antoinette dan calon raja Louis

Hidup gaya Maria Antoinette sudah dimulai sejak pernikahannya dengan calon Raja Louis XVI. Di usianya yang masih remaja, ia melangkah ke altar dengan gaun bertahtakan berlian dan mutiara di Mei 1770. Enam ribu tamu menghadiri jamuan di istana kaca Versailles yang terkenal, dilanjutkan dengan pesta pernikahan di teater Opera yang dibuat khusus untuk pernikahan ini. Sebagai hadiah pernikahan, suaminya menghadiahi Petit Trianon, bagian kastil dari Istana Versailles yang direnovasi khusus sesuai selera sang istri. Konon, gaya pernikahan mewah Maria Antoinette ini masih jadi inspirasi pesta pernikahan di seluruh dunia, bagi mereka yang ingin jadi ratu sehari.

8. John F Kennedy dan Jacqueline Bouvier

Mereka mungkin memang bukan pasangan kerajaan, tapi pernikahan mereka jelas mirip gaya ningrat. Saat JFK menikahi Jacqueline Lee Bovier di September 1953, mereka mengundang 800 tamu kehormatan, dan mendapat berkat pernikahan dari uskup, dengan surat berkat dari Paus Pius XII. Resepsi diadakan untuk 1200 tamu, dengan kue pernikahan setinggi empat kaki dan mempelai wanita mengenakan gaun sutra gading.

2 Comments Add yours

  1. dea says:

    ya namanya juga kerajaan pasti pada mewah-mewah pesta nya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s