13 April 1743: Thomas Jefferson Lahir

THOMAS Jefferson adalah penyusun deklarasi kemerdekaan dan presiden ketiga Amerika Serikat. Ia lahir di Shadwell, Virginia, pada 13 April 1743. Ia putra pasangan Peter dan Jane Randoph Jefferson dari keluarga berada.

Ayahnya meninggal pada saat ia berumur 14 tahun dan mewarisinya tanah seluas 2,750 ekar serta sejumlah budak belian. Pada 1760 hingga 1762 Jefferson mempelajari budaya dan sastra Yunani serta Latin klasik di College of William and Mary.

Ia juga mempelajari permainan biola. Jefferson adalah filsuf politik yang mendukung paham kebebasan liberal, paham republik, dan pemisahan antara negara dan agama.

Ia jugalah yang membuat desentralisasi pemerintahan di Amerika Serikat sebagai anggota Kongres Kontinental, yaitu kongres ke-13 daerah jajahan di Amerika yang menyatakan kemerdekaan dari Inggris.

Sebelum menjadi presiden, ia juga sempat menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Negara Bagian Virginia (1776-1779), Gubernur Virginia pada 1779-1781, duta Amerika untuk Prancis (1785-1789), dan menteri luar negeri di bawah Presiden George Washington pada 1789.

Pada pemilu 1796 Jefferson menjadi calon presiden untuk Partai Demokratik-Republikan, tetapi dikalahkan oleh lawannya, John Adams. Ia dipilih untuk menjadi wakil presiden mendampingi John Adams. Pada 1800 ia kembali mencalonkan diri dan terpilih.

Jefferson dua kali berturut-turut menjadi presiden, dari 1801 sampai 1809. Setelah pensiun dan meninggalkan Gedung Putih, ia tinggal di Monticello. Jefferson meninggal dunia pada 4 Juli 1826.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s