Ulat Bulu Serbu Jakarta

on

TEMPO Interaktif, Jakarta – Ulat bulu menyerang pohon Cemara di Jalan Sekretaris RT 15 RW 7, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Menurut sejumlah warga setempat ulat bulu yang menyerang pohon cemara di wilayah ini sebenarnya merupakan peristiwa tahunan sejak tahun 2007. “Biasanya memang kalau panas-hujan seperti ini ulatnya banyak keluar,” ujar Suciyati (36), warga Tanjung Duren Utara ketika ditemui Rabu (13/4) siang ini.
Namun, Suciyati mengatakan serangan ulat bulu kali ini dampaknya cukup parah dirasakan warga sekitar. “Karena anginnya belakangan ini kencang, bulunya jadi beterbangan,” ujarnya menambahkan.

Bulu dari ulat ini, menyebabkan gatal-gatal dan ruam pada kulit, dan banyak dialami oleh anak-anak. “Anak-anak jadi sering menangis karena gatal,” ujarnya.

Sumarni, 38 tahun, warga lain, mengatakan serangan ulat bulu tahun ini sudah mulai terasa sejak empat bulan lalu, namun semakin parah sebulan terakhir. Ulat yang menyerang cirinya berwarna kuning kehitaman atau kecokelatan, panjangnya 1-2 senti meter, dan berbulu. “Orang Jawa bilangnya ulat dompo,” kata Suciyati.

Untuk memberantas ulat bulu ini, Suku Dinas Pertanian dan Kehutanan Suku Dinas Jakarta Barat telah melakukan penyemprotan insektisida. Meski begitu, warga meminta agar pohon-pohon cemara ini ditebang. “Selain karena ulat, juga karena pohonnya sudah terlalu tinggi, takut tumbang,” kata Suciyati.

Berdasarkan pantauan Tempo di lokasi yang berdekatan dengan Kali Sekretaris ini, ulat bulu sudah tidak banyak ditemukan.

http://www.tempointeraktif.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s