Tempat Wisata di Lamongan, Jawa Timur

on

guyss, kalau kamu berkunjung ke daerah Lamongan sempetin deh waktumu untuk datang ke tempat wisata di bawah ini. dijamin seru abisss….

1. Wisata Bahari Lamongan

Atau disebut juga WBL. WBL ini adalah dufannya Lamongan. Terletak di pesisir utara Pantai Jawa, tepatnya di kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan – Jawa Timur, Wisata Bahari Lamongan (WBL) menawarkan oase tersendiri bagi wisatawan. Berdiri sejak tahun 2004 sebagai hasil pengembangan objek wisata yang telah ada sebelumnya, yaitu Pantai Tanjung Kodok.

Memadukan konsep wisata bahari dan dunia wisata dalam areal seluas 11 hektare, WBL siap memanjakan pengunjung dengan konsep one stop service mulai jam 08.30-16.30 WIB setiap harinya. Didukung pula dengan hadirnya 3 wahana baru setiap tahunnya.

Selain itu tersedia pula fasilitas pendukung seperti Pasar Hidangan, Pasar Wisata, Pasar Buah dan Ikan serta fasilitas umum lain seperti Mushola, Klinik, ATM, Tempat Menyusui Ibu & Bayi, Toilet, Tempat Parkir dan lain sebagainya.

Terhubung dengan Tanjung Kodok Beach Resort dan Maharani Zoo & Goa, menjadikan perjalanan wisata anda semakin nyaman dan berkesan.

2. Gua Maharani

Gua Maharani adalah sebuah gua yang terletak di kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Gua yang disebut juga sebagai gua Istana Maharani ini berada di kedalaman 25 m dari permukaan tanah dengan rongga gua seluas 2500 m2. Diketemukan tanpa sengaja pada tanggal 6 Agustus 1992 dan diresmikan sebagai obyek wisata pada tanggal 10 Maret 1994 oleh Bupati Lamongan (saat itu Muhammad Faried)
Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, ada beberapa mitos yang dipercaya.

Salah satunya adalah tentang sosok Roro Ayu Mantili, putri dari kerajaan Madangkara, yang sering menampakkan diri di dalam gua didampingi para embannya.

Air suci ini bersumber pada sebuah sumur yang terletak di tengah gua yang berbentuk mulut naga. Air tersebut dapat dipergunakan untuk penyembuhan berbagai penyakit, termasuk seperti penyakit gila.

Menurut penuturan juru kunci Gua Maharani, Sugeng, bahwa setiap bulan suro Jumat Kliwon para wali Allah (Wali Songo) mengadakan pertemuan di dalam bagian gua yang berbentuk mulut naga tersebut. Ia juga pernah bertemu sapa dengan Bung Karno sebanyak dua kali di sana.

3. Pantai Tanjung Kodok

Hanya berjarak 100 m sebelah utara gua maharani terdapat pantai yang indah yang bernama Tanjung Kodok yang kini sudah dikembangkan menjadi Wisata Bahari Lamongan (WBL). Karena tempatnya yang strategis maka komplek ini pernah digunakan NASA untuk meneliti gerhana matahari total pada th 1983. Di tempat itu juga terdapat menara rukyat untuk menetapkan kepastian memasuki bulan suci Romadlon dan Idhul Fitri.

semoga bermanfaat ya…

dari berbgai sumber



6 Comments Add yours

  1. Thanks atas infonya…

    Like

    1. nyangko says:

      yups sama2
      km mo jalan2 ksana ya?

      Like

  2. amanah says:

    ada juga waduk gondang terletak di kecamatan sugio

    Like

    1. nyangko says:

      Wah, terima kasih atas masukannya. Kapan2 kalo ke lamongan lg, saya akan ke waduk itu \(˘⌣˘)/

      Like

  3. Sangat menarik untuk dikunjungi,,
    saya waktu SD sudah pernah ber rekreasi di JATIMPARK2 jadi saya sudah pernah kesana. khususnya di Batu Kodok …

    Like

  4. This piece of writing will assist the internet
    viewers for building up new webpage or even a blog
    from start to end.

    Like

Leave a comment