Lima Keindahan Alam Slovenia

BERBATASAN dengan Italia di sebelah barat dan Austria di utara, Slovenia, sebuah negara pesisir sub-Alpin di selatan Eropa Tengah, dikaruniai keindahan alam yang sangat mempesona. Sekilas, saat melihat foto-fotonya Anda akan dibuat kagum, terlebih bila bisa melihatnya langsung dengan mata telanjang.

Berikut lima keindahan alam yang populer di Slovenia:

1. Danau Bohinj

Danau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Triglav ini adalah danau permanen terbesar di Slovenia. Danau Bohinj memanjang sejauh 4,2 kilometer dengan lebar maksimum mencapai 1 kilometer. Ini adalah danau glasial yang dibendung oleh moraine.

Selain keindahan alamnya, danau ini juga dilingkupi legenda Goldhorn (Zlatorog), sebuah chamois putih dengan tanduk emas. Berkaitan dengan legenda ini, sebuah patung makhluk menyerupai rusa kecil bisa Anda temukan berdiri di tepi danau.

2. Kras

Kras yang juga dikenal sebagai Karst atau Dataran Karst, adalah sebuah perbatasan dataran tinggi kapur di wilayah barat daya Slovenia yang meluas hingga ke timur laut Italia. Kras lebih tepatnya berada di antara Lembah Vipava dengan bukit-bukit rendah yang mengelilingi lembah, bagian barat perbukitan Brkini, Istria utara, dan Teluk Trieste. Tepi barat dari dataran tinggi ini juga menandai perbatasan etnis tradisional antara Italia dan Slovenia.

Dari salah satu sisi tebingnya, Anda akan melihat pemandangan yang menakjubkan. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat warna hijau semak berpadu dengan warna putih batu kapur di ketinggian, sementara di bawahnya hamparan laut biru membentang indah.

3. Gua Skocjan

Gua Skocjan adalah sebuah sistem gua di Slovenia. Gua ini masuk dalam daftar situs alam dan warisa budaya dunia UNESCO pada 1986. Kalangan ilmiah internasional telah mengakui pentingnya gua ini sebagai salah satu harta alam planet Bumi.

Gua Skocjan merupakan fenomena bawah tanah yang paling signifikan, baik di wilayah Karst dan Slovenia. Berada di dalam gua ini, Anda akan melihat ukiran alam indah nan alami yang terpahat di dinding bebatuannya.

4. Gua Postojna

Gua Postojna adalah sistem gua karst sepanjang 20.570 meter di dekat Postojna, Slovenia. Ini adalah sistem gua terpanjang di Slovenia serta salah satu situs pariwisata papan atas di negara itu. Bagian gua sepanjang 5,3 kilometer dapat diakses untuk umum, ini menjadikannya sistem publik terpanjang dari setiap sistem gua di dunia.

Gua yang tercipta dari Sungai Pivka ini mempunyai jalur kereta api di dalamnya. Jalur kereta itu pertama kali diletakkan pada 1872 yang juga berguna untuk mengangkut wisatawan.

5. Gua Vilenica

Jeskyně Vilenica

Gua Vilenica di Lokev adalah gua pertunjukkan tertua di Eropa. Wisatawan pertama di gua ini tercatat telah ada sejak 1633. Hingga pertengahan abad ke-19, Gua Vilenica dikenal sebagai gua terbesar, paling indah, dan paling sering dikunjungi dari tipe gua Karst Klasik. Gua Vilenica mempunyai panjang lebih dari 1.300 meter dengan kedalaman 180 meter. Wisatawan hanya diizinkan masuk hingga kedalaman 450 meter pertama dari gua. (wikipedia/*/X-13)

http://www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

