CSI: Crime Scene Investigation Las Vegas

on

CSI: Crime Scene Investigation (Nama Lainnya: CSI Las Vegas) adalah serial drama televisi CBS Amerika yang memenangkan penghargaanPenghargaan Emmy. Menceritakan tentang tim forensik Las Vegas, dan cara-cara mereka menguak sebuah misteri, kematian-kematian yang tak wajar, dan kejahatan-kejahatan lainnya.

Karakter utama

  • Dr. Gilbert Arthur “Gil” Grissom, Ph.D. (William Petersen): adalah Supervisor dari unit malam CSI Las Vegas, ia juga adalah seorang forensik ahli entomologi. Lahir tanggal 17-Agustus-1956. Teman-temannya mengenalnya sebagai ilmuwan yang amat cermat dan teliti, ia juga agak sedikit egois. Grissom dibesarkan sebagai seorang Katolik, namun di episode “Double-Cross” ia mengaku bahwa ia sudah bukan warga Katolik yang taat lagi. Grissom belajar dari ibunya yang tuli bagaimana berkomunikasi dengan bahasa isyarat dan bahasa bibir. Grissom juga kadang-kadang mengalami tuli mendadak (seperti ibunya) tapi dia sudah menjalankan operasi. Hubungannya dengan salah satu rekan kerjanya, Sara Sidle, telah diperjelas kepada para pemirsa dalam episode “Way To Go”, dan kepada rekan-rekan kerjanya dalam serial dalam episode “Living Doll”, ketika Sara diculik. Dia melamar Sara dalam Season 8 di episode “The Case of The Cross-Dressing Carp”, dimana lamaran tersebut diterima. Kehidupan Grissom merupakan kisah nyata dari kehidupan seorang ahli Kriminologi Daniel Holstein.
  • Catherine Willows (Marg Helgenberger): Penganalisa cipratan darah. Dia merupakan orang kedua yang berkuasa setelah Grissom pada unit malam, Catherine-lah yang menggantikan Grissom bila Grissom pergi ke luar kota ataupun berhalangan. Ia biasa berselisih dengan Grissom atau Ecklie jika ia merasa kewibawaannya terganggu. Ia selalu mencari cara agar dapat menghabiskan waktu bersama anak perempuannya, Lindsey. Mantan suaminya, Eddie, dan ayah kandungnya, Sam, kedua-duanya dibunuh dalam serial ini. Sebelum menjalani kehidupan sebagai CSI, Catherine berprofesi sebagai penari eksotik di klab. Kehidupan Catherine merupakan kisah nyata dari kehidupan CSI Yolanda McCleary.
  • Warrick Brown (Gary Dourdan): Penganalisa Audio-Visual. Warrick adalah satu-satunya dari seluruh anggota yang lahir dan tumbuh di Las Vegas. Di awal serial, Warrick digambarkan kecanduan dalam hal judi. Bahkan di episode pertama, CSI baru yaitu Holly Gribbs tewas tertembak ketika dia sedang berjudi. Ia hampir kehilangan pekerjaan karena seharusnya Warrick berada di samping Holly pada saat itu. Dorongan dan persahabatan Grissom membuatnya mulai meninggalkan perilaku buruknya itu. Tampaknya Warrick menjalani hidupnya yang terdahulu dengan menempuh beban berat, jarang tersenyum, dan selalu rindu pada kampung halamannya. Warrick menggunakan kemahirannya sebagai penjudi profesional dalam memecahkan beberapa kasus. Warrick menikah di Season 6, tetapi bercerai di Season 8.
  • Nicholas “Nick” Stokes (George Eads): Penganalisa rambut dan serat-serat. Nick adalah orang yang mudah bergaul dan terbuka. Ia berasal dari Texas, tetapi lahir di Tennesse. Nick biasanya mudah merasa empati dan simpati terhadap korban dan juga lebih emosional menghadapi suatu kasus dibandingkan dengan teman-temannya. Ia juga dapat berbicara Spanyol dan biasanya menangani kasus yang berhubungan dengan Amerika Latin lebih personal. Nick juga biasanya lebih emosional menghadapi kasus yang berhubungan dengan anak-anak, sebab dia pernah mengalami masa kecil yang buruk
  • Sara Sidle (Seasons 1-8) (Jorja Fox) : Penganalisa barang material. Sara menjunjung pendidikannya di Universitas Harvard. Sara sebelumnya bekerja di San Fransisco bagian koroner dan laboratorium kriminal, ia datang menggantikan CSI Holly Gribbs setelah membantu memecahkan kasus kematiannya. Dia selalu mencurahkan perhatiannya kepada pekerjaannya dan selalu berjuang untuk menegakkan keadilan, baik untuk korban maupun pelaku. Ayah Sara adalah seorang pemabuk dan biasanya selalu menyiksa Sara dan ibunya, sampai suatu hari ibunya menikam ayahnya dengan pisau hingga tewas; hal ini menyebabkan Sara selalu kesulitan ketika berhadapan dengan kasus yang berhubungan dengan ibu dan anak. Sara bertunangan dengan rekan kerjanya, Grissom yang ditunjukkan di episode “The Case of The Cross-Dressing Carp”. Di episode “Goodbye and Good Luck”, Sara pergi meninggalkan seluruh tim untuk menyelidiki sebuah kasus yang menyangkut dengan pembunuhan oleh anak kecil, ia tak pergi dengan berpamitan pada seluruh anggota tim ataupun Grissom, melainkan meninggalkan catatan yang mengatakan bahwa ia harus menghadapi masa lalunya kembali.
  • Gregory “Greg” Sanders (Season 3- ; Ditampilkan Season 1-2) (Eric Szmanda) : Dia adalah anggota CSI pekerja-lapangan yang terbaru. Dia mulai menjadi CSI pekerja-lapangan di episode “Who Shot Sherlock?”, tapi sekarang anggota yang paling baru adalah Ronnie Lake. Dia amat mengidolakan Grissom, dan ia juga naksir kepada Sara, terlihat dari sikap ‘gila’-nya. Dia juga amat lugu terhadap pekerjaan forensik-lapangannya, meskipun dia memiliki banyak pengetahuan tentang DNA dan pelacakan jejak-jejak. Dari kecil, Greg adalah seorang anak yang luar biasa pintar, dan tumbuh menjadi pria yang bertingkah laku aneh. Dia suka mendengar musik jenis heavy metal seperti Marilyn Manson saat bekerja, sepertinya hal ini dapat meningkatkan konsentrasi kerjanya, walaupun hal tersebut amat mengganggu Grissom. Greg juga pernah mengalami ketertarikan dengan beberapa wanita baik di luar maupun dalam Lab, bahkan ia pernah bertarung dengan David Hodges memperebutkan seorang teknisi DNA, Mia Dickerson.
  • Dr. Albert “Al” Robbins (Season 3- ; Ditampilkan Season 1-2) (Robert David Hall): Kepala dari Lab Koroner. Telah menikah dan memiliki tiga orang anak, ia dekat dengan Grissom, karena hanya Grissom-lah yang tampaknya paling mengerti dirinya, dan sebaliknya. Memiliki 2 kaki prostetik, diakibatkan karena kecelakaan.
  • Detective Sofia Curtis (Season 7- ; Ditampilkan Season 5-6) (Louise Lombard): Seorang CSI yang bergabung dengan tim Grissom dipertengahan Season 5, berdasarkan keputusan Asisten direktur Laboratorium Kriminal, Conrad Ecklie. Ia langsung menyatakan pengunduran diri karena telah dipecat dari jabatannya yaitu Supervisor Unit Pagi. Di Season 6, Sofia mengganti pekerjaannya dari CSI menjadi detektif. Dan setiap memecahkan sebuah kasus, ia selalu berpikir jauh, ia menjelaskan pada Grissom bahwa itu cara paling ampuh agar ia dapat konsentrasi, memperhatikan, mengerti, dan mengingat segalanya. Di Season 8 terjadi keanehan pada daftar pemain, pada episode pertama Season 8, ia disebutkan sebagai bintang tamu spesial, dan di episode ketiganya ia didaftarkan sebagai pemeran utama. Ironisnya ia tidak tampil pada episode tersebut.
  • Det. Capt. James “Jim” Brass (Paul Guilfoyle): Kapten Detektif bagian pembunuhan. Sebernarnya, Brass merupaka kepala dari Unit CSI Las Vegas, sampai dia pindah ke Kepolisian Divisi pembunuhan di episode kedua. Brass asli dari New Jersey. Dia melanjutkan bekerja dengan para CSI, walaupun menemui masalah di Season 2, yaitu berhadapan dengan anak perempuannya, Ellie yang merupakan seorang pecandu narkoba dan pelacur di Los Angeles. Dan terbukti juga di Season 2 bahwa Brass bukanlah ayah kandung Ellie. Sekarang, setelah naik jabatan menjadi Kapten Divisi Pembunuhan, ia bekerja lebih dekat dengan para CSI. Dia yang paling banyak menginterogasi dan bertanya. Karena sifat sarkastik-nya, biasanya membuat pertanyaan-pertanyaannya menjadi lebih konyol.
  • David Hodges (Season 8- ; Ditampilkan Season 3-7) (Wallace Langham): Teknisi Lab yang merupakan pegawai yang dipindahkan dari Laboratorium Kriminal Los Angeles ke Las Vegas. Penampilan Hodges adalah yang paling konyol dari semuanya, meskipun rekan-rekan kerjanya dalam serial menganggapnya menjengkelkan dan mengganggu. Ia selalu mencari muka di hadapan Grissom, yang kadang mengakui keahlian Hodges, sekalipun agak enggan. Ia naksir Mia Dickerson, seorang teknisi Lab juga. Hodges malahan pernah mengumpulkan seluruh teknisi Lab lainnya (tanpa izin Grissom, tentunya) untuk mncoba menguak kasus Pembunuh Miniatur yang belum terkuak, dan pada akhirnya ia sendiri berhasil menemukan satu kunci yang dapat membuka kasus tersebut, dan Grissom juga mengakui kehebatannya dengan perasaan yang tak begitu senang.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s